Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Lapis Baja Kim Jong Un Dilaporkan Tiba di China

Kompas.com - 24/02/2019, 09:15 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Kereta lapis baja milik Korea Utara yang diduga ditumpangi Kim Jong Un dilaporkan telah memasuki wilayah China, pada Sabtu (23/2/2019) malam.

Kereta tersebut tiba di kota perbatasan, Dandong, lewat pukul 21.00 malam waktu setempat. Demikian diberitakan kantor berita Korea Selatan, Yonhap News.

Sementara dilaporkan kantor berita Korea Utara, KCNA, Kim Jong In telah bertolak dari Pyongyang pada Sabtu pagi.

"Para pejabat senior partai, organisasi pemerintah dan angkatan bersenjata dengan tulus mendoakan keberhasilan kepada Kim Jong Un dan kembali dengan selamat," tulis KCNA, seperti dikutip AFP.

Kim Jong Un berangkat dengan didampingi tangan kanan sekaligus jenderal tertinggi Korea Utara, Kim Yong Chol, dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Kim Yong Chol sebelumnya telah bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, pada Januari lalu.

Baca juga: Kim Jong Un Bakal Naik Kereta, Kawasan yang Dilalui Akan Disterilkan

Kedatangan kereta lapis baja milik Korea Utara di China itu menjelang dilangsungkannya pertemuan tingkat tinggi kedua antara Kim Jong Un dengan Trump di Vietnam.

Sementara tim utusan Pyongyang saat ini dikabarkan telah berada di Hanoi untuk mempersiapkan pertemuan penting yang akan dilangsungkan selama dua hari di kota itu pekan depan.

Kendati belum ada pernyataan resmi yang menyebutkan bahwa Kim berada di dalam kereta lapis baja itu, namun sikap petugas keamanan sebelum kedatangan kereta menguatkan dugaan tersebut.

Polisi tampak menutup area sungai sekitar 100 meter dari jembatan rel kereta dan meminta para wartawan meninggalkan kawasan tersebut.

Para tamu di sebuah hotel yang menghadap jembatan juga diminta untuk pergi pada hari Jumat dan diberi tahu bahwa hotel akan tutup untuk renovasi pada hari Sabtu.

Sebuah sumber mengatakan kereta yang panjang dan melintasi jembatan dengan lambat, serta menyebutkan ada banyak kehadiran petugas keamanan di sekitarnya.

Kedatangan kereta itu mengingatkan kembali pada kunjungan ke luar negeri pertama yang dilakukan Kim Jong Un dengan menggunakan kereta lapis baja ke Beijing pada Maret 2018 lalu.

Baca juga: Bertemu Kali Kedua dengan Kim Jong Un, Ini 4 Prioritas Trump

Kereta tersebut diperkirakan akan berangkat menuju Vietnam pada Minggu (24/2/2019) ini.

Dari Pyongyang menuju Hanoi perjalanan kereta menempuh hampir 4.000 kilometer dan bisa memakan waktu lebih dari 60 jam.

Kedatangan kereta itu untuk transit di China juga telah diprediksi sebelumnya, dengan banyak pihak menilai Kim akan bertemu dengan sekutu dekatnya Presiden Xi Jinping.

Jika pun tidak bertemu sebelum pertemuannya dengan Trump di Vietnam, Kim diyakini akan bertemu dengan Xi usai pertemuan guna melaporkan hasil pembicaraannya dengan Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com