Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Luncurkan Latihan Angkatan Laut di Rute Pelayaran Global

Kompas.com - 21/02/2019, 23:45 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Militer Iran mengumumkan akan meluncurkan agenda latihan angkatan laut selama tiga hari mulai Jumat (22/2/2019) di wilayah Teluk dan perairan Samudra Hindia yang menjadi rute pelayaran global yang sensitif.

Disampaikan Komandan Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi, latihan tersebut merupakan agenda rutin yang dijalankan setiap tiga tahun sekali.

"Latihan tersebut akan diadakan di wilayah perairan Selat Hormuz, Pantai Makran, Laut Oman dan di utara Samudra Hindia, meliputi luas area 2 juta kilometer persegi dan akan dilangsungkan selama tiga hari," kata Khanzadi, Kamis (21/2/2019).

Baca juga: Angkatan Laut Iran Berencana Kirim Armadanya dalam Misi ke Samudra Atlantik

Ditambahkannya, latihan tersebut bertujuan untuk evaluasi peralatan angkatan laut, berlatih meluncurkan senjata dan memungkinkan pasukan untuk selalu dalam kondisi siap untuk pertempuran sesungguhnya.

Agenda latihan yang disebut dengan "Velayat 97" itu akan menerjunkan armada kapal selam, kapal perang, helikopter, dan drone milik militer Iran.

"Latihan itu juga akan mencakup peluncuran rudal dari kapal," tambah Khanzadi, dilansir AFP.

Area latihan disebut sebagai jalur penting untuk pelayaran dunia dengan sepertiga pengiriman laut minyak dunia melewati kawasan Teluk.

Selat Hormuz juga adalah rute transit internasional di mana pasukan Amerika secara rutin melewati kawasan itu dan telah dijumpai terjadinya ketegangan antara pasukan AS dengan Iran di masa lalu.

Agenda latihan angkatan laun Iran ini juga menjadi sorotan lantaran diluncurkan di tengah situasi meningkatnya ketegangan antara Teheran dengan rivalnya, Arab Saudi, dan AS yang belum lama ini kembali memberlakukan sanksi kepada Iran setelah keluar dari perjanjian nuklir 2015.

Baca juga: Angkatan Laut Iran dan Rusia Agendakan Latihan Gabungan di Laut Kaspia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com