Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Nisan di Makam Yahudi di Perancis Jadi Sasaran Vandalisme

Kompas.com - 19/02/2019, 21:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

QUATZENHEIM, KOMPAS.com - Puluhan batu nisan di pemakaman Yahudi di Perancis timur telah menjadi sasaran aksi vandalisme.

Sekitar 80 nisan tersebut telah dicorat-coret dan digambari dengan lambang swastika.

Tindakan pengrusakan yang terjadi di sebuah pemakaman di Desa Quatzenheim, dekat perbatasan Jerman di wilayah Alsace itu baru diketahui pada Selasa (19/2/2019) pagi.

Dalam foto-foto yang diambil di lokasi pemakaman, tampak batu nisan yang dicorat-coret dengan simbol-simbol Nazi menggunakan cat berwarna biru.

Salah satunya memperlihatkan tulisan "Elsassisches Schwarzen Wolfe" atau Serigala Hitam Alsace, yang mengacu pada sebuah kelompok separatis yang berhubungan dengan neo-Nazi pada tahun 1970-an.

Baca juga: 15 September 1935 Ditetapkan Jadi Simbol Nazi Jerman, Ini 4 Fakta Swastika

Atas insiden tersebut, pejabat tinggi keamanan setempat, Jean-Luc Marx, mengecam tindakan anti-Semit yang disebutnya mengerikan itu. Dia juga menyampaikan dukungannya kepada komunitas Yahudi yang kembali menjadi sasaran aksi vandalisme.

Aksi pengrusakan itu turut mendapat perhatian dari Presiden Perancis Emmanuel Macron, yang menyempatkan diri mengunjungi lokasi pemakaman untuk memeriksa kerusakan yang ditimbulkan.

Saat itu, Macron sedang dalam perjalanan untuk menghadiri peringatan Paris Holocaust, demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner kepada Radio RTL.

Aksi vandalisme itu terjadi juga berbarengan dengan rencana unjuk rasa yang akan digelar di Paris dan kota-kota lainnya di Perancis untuk mengecam gejolak anti-Semit yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Tahun lalu, kepolisian Perancis mencatatkan terjadinya lonjakan hingga 74 persen dalam pelanggaran anti-Yahudi yang dilaporkan, menimbulkan kekhawatiran di negara dengan populasi Yahudi terbesar di Eropa itu.

"Hal ini tidak pernah berhenti. Ini terus saja mengejutkan. Saya tidak tahu berapa lama kita akan melanjutkan.. Hal itu membuat saya merasa muak," ujar Maurice Dahan, kepala regional lembaga Yahudi utama Perancis, Israelite Central Consistory of France, soal insiden di Alsace.

Pada Desember tahun lalu, hampir 40 nisan serta sebuah monumen peringatan untuk para korban Holocaust juga telah menjadi sasaran vandalisme di sebuah pemakaman Yahudi di dekat Strasbourg di Herrlisheim.

Baca juga: Dirusak Lagi, Kali Ini Makam Karl Marx Dicoret Pakai Cat Merah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com