Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilgermissen, Desa Unik di Jerman yang Tak Memiliki Nama Jalan...

Kompas.com - 19/02/2019, 15:48 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalan berguna untuk mempermudah transportasi di suatu wilayah. Keberadaan infrastruktur ini ikut berperan dalam menjalankan roda perekonomian dan industri tertentu.

Biasanya tiap jalan akan diberi nama untuk memudahkan kita menemukan tempat yang dicari. Jika tak ada nama jalan, kita tentu mengalami kesulitan untuk mencari tujuan.

Namun, ada sesuatu yang unik dan berbeda di Jerman. Ada salah satu desa tanpa nama jalan. Tentu saja ini menyulitkan orang yang pertama berkunjung ke desa itu.

Dilansir dari Deutsche Welle, desa tersebut bernama Hilgermissen yang terletak antara Bremen dan Hanover. Tak hanya tanpa nama jalan, nomor rumah di desa itu juga tak memiliki urutan yang jelas.

Pemerintah setempat kemudian bermaksud untuk memberi nama jalan di desa ini.

Baca juga: Fakta Unik Christian Dior, Dikritik Feminis hingga Ditahan Nazi..

Hanya ditandai angka

Hilgermissen berpenghuni sekitar 2.000 jiwa. Ratusan rumah di Hilgermissen hanya ditandai dengan angka.

Dilansir dari Sky News, sejarah menyatakan bahwa di desa itu hanya terdiri dari nomor rumah dan nama desa lama, sejak 1970-an.

Untuk surat-menyurat, penduduk memberikan alamat hanya nomor rumah dan nama daerah mereka tinggal. Sebagai contoh, kalau tinggal di daerah bernama Duksburg, maka di atas amplop tertera Duksburg 15.

Kondisi ini menyusahkan para petugas pos dan pengantar paket untuk mengirim barang ke tujuan. Kendala lain, jika sesuai urutan, maka nomor rumah 7 dengan nomor rumah 8 bisa berjarak lebih dari 3 kilometer.

Petugas pos meminta pemerintah setempat untuk menyelesaikan masalah ini. Pada 2018, badan permusyawaratan desa setempat mencoba menerima usulan petugas pos untuk memperkenalkan nama jalan di Hilgermissen.

Badan permusyawaratan desa bahkan juga telah menugaskan tim dari Universitas Osnabruck untuk mempelajari masalah akses desa ini.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Pengiriman Surat Melalui Udara Pertama di Dunia

Referendum, warga menolak

Usaha yang dilakukan oleh badan permusyawaratan desa tak menemui hasil. Proposal ini dulunya juga pernah diajukan pada 2013, namun semua menolak.

Pada 2018, 60 persen dari 1.282 pemilih dalam referendum itu tidak setuju dengan usul memberi nama jalan.

Saat ini, lagi-lagi ratusan rumah Hilgermissen hanya dilabeli dengan angka. Penduduk juga tetap memberikan alamat pos mereka sebagai nomor rumah dan nama kota.

Meski begitu, ada beberapa jalan yang diberi julukan oleh penduduk setempat, seperti Backerwerg, yang ditandai sebagai jalan yang ada penjual rotinya (bakery).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com