Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai AS Akan Tambah Opsi Gender Baru saat Penumpang Pesan Tiket

Kompas.com - 19/02/2019, 12:33 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,NBC News

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penumpang maskapai penerbangan Amerika Serikat yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai pria atau wanita akan segera memiliki opsi gender saat memesan tiket.

Melansir dari CNN, Selasa (19/2/2019), nantinya opsi gender baru yang akan ditambahkan termasuk "unspecified" dan "undisclosed".

Asosiasi transportasi udara AS atau Airlines for America (A4A) menyebutkan Asosiasi Transportasi Udara Internasional telah menyetujui standar internasional baru untuk penumpang non-biner yang berlaku efektif 1 Juni 2019.

Baca juga: Ketidakpastian Brexit Bikin Maskapai Bangkrut, Ratusan Penumpang Telantar

"Maskapai penerbangan AS menghargai keragaman budaya dan inklusi, baik di tempat kerja maupun untuk penumpang kami," demikian pernyataan A4A.

"Kami bekerja keras setiap hari untuk mengakomodasi kebutuhan semua penumpang, sambil memberikan pengalaman penerbangan yang aman dan menyenangkan," imbuhnya.

Langkah tersebut disambut baik oleh kelompok advokasi bagi kelompok transgender.

"Ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi individu non-biner sehingga tidak dihadapkan dengan ketidakcocokan antara informasi tiket dan identifikasi secara hukum," kata Beck Bailey dari Human Rights Campaign.

Laporan dari NBC News menyebutkan, Administrasi Keamanan Transportasi AS mewajibkan penumpang memakai nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir pada kartu identitas yang dikeluarkan pemerintah.

American Airlines, Delta Airlines, United Airlines, Southwest Airlines, Alaska Airline, dan JetBlue mengonfirmasi sedang dalam proses memperbarui tambahan untuk opsi non-biner dalam situs mereka.

Perubahan tersebut akan diselesaikan dalam beberapa pekan ke depan.

Baca juga: Kena Turbulensi, Delta Airlines Nyungsep di Ketinggian 10.000 Meter

"Kami tentu memiliki basis pelanggan yang sangat beragam. Ini akan diterima dengan baik, dan kami senang melakukannya," kata juru bicara American Airlines Matt Miller.

Sementara itu, United Airlines berencana menawarkan empat opsi gender dalam pemesanan tiket, antara lain M untuk pria, F untuk perempuan, U untuk "undisclosed", dan X untuk "unspecified".

"Maskapai ingin memastikan semua pelanggan merasa nyaman dan disambut tidak peduli bagaimana mereka mengidentifikasi diri," ujar juru bicara United Airlines Andrea Hiller.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com