Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad kepada Kurdi Suriah: Amerika Tidak Akan Melindungi Kalian

Kompas.com - 18/02/2019, 12:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Suriah Bashar al-Assad memperingatkan Kurdi bahwa sekutu mereka, Amerika Serikat (AS), tak bakal memberi perlindungan dari serangan Turki.

Assad mengatakannya setelah AS bersiap untuk menarik pasukan setelah Kurdi mengepung pertahanan terakhir Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Baca juga: Sebut Assad Penjahat Perang, Qatar Menolak Perbaiki Hubungan dengan Suriah

Isu penarikan yang dihembuskan Presiden Donald Trump pada Desember 2018 lalu dikhawatirkan Kurdi karena mereka berpotensi diserang Turki.

"Saya memberi tahu setiap kelompok yang bersekutu dengan Amerika. Mereka (AS) tidak akan melindungi kalian," kata Assad dikutip AFP Minggu (17/2/2019).

"Mereka (AS) tidak menempatkan kalian di jiwa. Mereka memasukkan kalian di kantong mereka sebagai bagian dari alat penawaran," lanjutnya.

Selain memerangi ISIS, Kurdi Suriah tidak berpartisipasi dalam perang saudara, dan menjalankan pemerintahan semi-otonomi di wilayah timur laut.

Peluang penatikan pasukan AS membuat perwakilan Kurdi dilaporkan mencoba menjangkau Damaskus. Namun pembicaraan yang terjalin gagal mencapai kompromi.

"Jika Anda tidak mempersiapkan diri mempertahankan negara, Anda akan berakhir sebagai budak Ottoman," beber Assad menggunakan nama historis Turki.

Presiden yang berkuasa sejak Juli 2000 itu menegaskan, yang bisa melindungi Kurdi hanyalah pasukan pemerintah. "Tidak ada yang lain," tegasnya.

Kurdi yang jadi tulang punggung aliansi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menggelar pertemuan untuk membahas relasi dengan Damaskus di masa depan.

SDF menekankan pemerintah Suriah untuk mengakui "status khusus" aliansi Arab-Kurdi, sekaligus pemerintahan semi-otonomi Kurdi.

SDF dalam keterangan tertulis juga menyatakan ingin menyelesaikan permasalahan dengan Turki melalui dialog sesuai dengan apa yang mereka yakini dan hormati.

Baca juga: Turki Ancam Serang Kurdi jika AS Tunda Pulangkan Pasukan dari Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com