Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Penari Indonesia Tampil di Chingay Parade Singapore 2019

Kompas.com - 17/02/2019, 17:22 WIB
Ervan Hardoko

Editor

SINGAPURA, KOMPAS.com - Untuk ketujuh kalinya, Indonesia menjadi kontingen internasional terbesar di perhelatan Chingay Parade Singapura 2019 atau biasa disebut Parade Jalanan Singapura.

KBRI Singapura yang didukung Kementerian Pariwisata dan perwakilan Bank Indonesia di Singapura mendatangkan sekitar 300 penari dari berbagai daerah untuk berpartisipasi di ajang ini.

Kontingen Indonesia dipimpin langsung Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya.

Baca juga: Seorang Agen Asuransi Didakwa Menyuap Pejabat KBRI Singapura

Adapun Chingay merupakan salah satu parade terbesar di Asia Tenggara yang digelar untuk merayakan kekayaan perbedaan etnis dan kultur, tidak hanya di Singapura, tetapi juga perbedaan di berbagai negara di dunia.

Mengangkat tema “Dreams Funtasia”, Chingay Parade 2019 diselenggarakan selama dua hari pada 15-16 Februari 2019 di Formula 1 (F1) Pit Building Area.

Perhelatan ini disaksikan lebih dari 180 ribu pasang mata dan dihadiri Perdana Menteri Lee Hsien Loong serta Presiden Singapura Halimah Yacob.

Tahun ini merupakan kali ke-22 secara berturut-turut Indonesia berpartisipasi sebagai salah satu kontingen dalam acara Chingay Parade.

Tahun ini KBRI menghadirkan kelompok tari dari ISI Denpasar, Tim Batik 1 Surakarta, Bandung Culture, Poso Tourism Carnival, Sanggar Seni Megat Tanjung Pinang, Duta Santarina Kepulauan Riau, Sanggar Seni Acharya Budaya Blitar, Rumah Budaya Indonesia, dan beberapa kelompok sekolah lainnya dari Jakarta.

Partisipasi Indonesia dalam Chingay Parade 2019 ini dimaksudkan sebagai wadah bagi Indonesia untuk memperkenalkan berbagai macam kekayaan budaya sekaligus sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata.

Baca juga: KBRI Singapura Gelar Ajang Women Empowerment Award 2018

Hal ini sejalan dengan pernyataan Duta Besar Ngurah Swajaya, “Hubungan bilateral antara Indonesia dengan Singapura lebih diperkuat melalui kerjasama-kerjasama yang saling menguntungkan, termasuk di bidang budaya dan people-to-people contact.”

Selain itu, Dubes Ngurah juga berharap partisipasi Indonesia di Chingay Parade 2019 ini dapat meningkatkan citra positif Indonesia di mata dunia demi mendongkrak angka wisatawan mancanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com