Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MBS Tunda Rencana Kunjungannya ke Indonesia dan Malaysia

Kompas.com - 16/02/2019, 22:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

JAKARTA, KOMPAS.com - Pangeran Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman dipastikan batal melangsungkan rangkaian tur ke negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, yang dijadwalkan pekan depan.

Dikonfirmasi Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Malaysia, pangeran yang akrab disapa MBS tersebut memutuskan menunda kunjungannya ke Jakarta dan Kuala Lumpur, hingga waktu yang belum bisa dipastikan.

MBS awalnya dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu (17/2/2019), sebelum melanjutkan kunjungan ke Jakarta, Indonesia, pada Senin (18/2/2019).

Baca juga: Senator AS: Hubungan AS-Saudi Tak Berkembang hingga MBS Ditangani

Tidak ada tanggal baru yang ditetapkan maupun alasan yang diberikan terkait penundaan rencana perjalanan MBS ke Asia Tenggara, di mana dia sebelumnya diharapkan menandatangani sejumlah perjanjian.

"Indonesia dan Arab Saudi akan terus berkomunikasi untuk menentukan jadwal baru, sekaligus memastikan hasil-hasil kunjungan yang lebih optimal," tulis pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam situs resminya, Sabtu (16/2/2019).

Selain kunjungannya ke Indonesia dan Malaysia, MBS juga memundurkan jadwal kunjungannya ke Pakistan.

Disampaikan pejabat Pakistan, pada Sabtu (16/2/2019), kunjungan pangeran ditunda satu hari. Pengumuman tersebut mengejutkan warga Pakistan yang telah bersiap menggelar penyambutan.

Tanpa memberi alasan terkait penundaan tersebut, pemerintah Pakistan mengatakan, MBS akan tiba di Islamabad untuk kunjungan selama dua hari pada Minggu (17/2/2019) dengan susunan agenda yang tidak berubah.

Penundaan kedatangan tersebut turut mempengaruhi agenda konferensi para pemimpin bisnis Pakistan dan Saudi.

Selain ke Pakistan, pemimpin de facto Kerajaan Saudi itu juga dijadwalkan berkunjung ke China dan India sebagai bagian dari tur Asia yang akan dilakukannya.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi MBS dan Putin Tos High Five di KTT G20

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com