Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak di Burkina Faso Gunakan Mayat sebagai Bom

Kompas.com - 15/02/2019, 19:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DJIBO, KOMPAS.com - Sebuah bom yang disembunyikan di dalam mayat yang mengenakan seragam militer meledak di Burkina Faso dan menewaskan dua personil militer.

Mayat seorang pria berseragam yang ternyata adalah perangkap itu ditinggalkan tepat di luar Kota Djibo, dekat perbatasan dengan Mali. Satu tim dikirim untuk menyelidikinya.

"Mayat itu, yang ternyata merupakan jebakan, meledak saat hendak ditangani. Dua tentara kami tewas dan melukai enam lainnya. Tiga di antaranya terluka serius," ujar staf umum angkatan bersenjata dalam pernyataannya, Jumat (15/2/2018).

Sebuah sumber keamanan mengatakan kepada AFP, mayat itu meledak saat salah seorang tentara mencoba membalikkannya. Salah seorang korban tewas disebut adalah dokter tentara.

Baca juga: Tragedi di India Kashmir, 37 Tentara Tewas Diserang Bom Bunuh Diri

Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bom mayat tersebut. Namun Burkina Faso, yang ada di jantung wilayah Sahel di Afrika, sedang berjuang melawan kelompok Islam pemberontak. Selain itu juga menghadapi keresahan sosial.

Lebih dari 300 orang tewas akibat serangan oleh kelompok pemberontak dalam empat tahun terakhir di Burkina Faso, menurut perhitungan AFP.

Pekan lalu, ada tiga serangan, dengan satu di antaranya menewaskan lima anggota pasukan keamanan. Ibu kota Ouagadougou juga telah diserang sebanyak tiga kali, terakhir pada Maret 2018.

Pada Kamis (14/2/2019), PBB mengatakan ada 1,2 juta rakyat di negara itu yang sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Menurut Badan PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), sekitar 83.000 orang terpaksa mengungsi dari tempat tinggal mereka akibat kekerasan.

Lebih dari 1.000 sekolah telah ditutup dan lebih dari 150.000 anak kehilangan pendidikan. Sekitar 120.000 orang tak memiliki akses ke perawatan medis di daerah yang paling terdampak kekerasan.

Baca juga: China Buka Kantor Kedutaan di Burkina Faso

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com