Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Negara Janjikan Beri Bantuan untuk Venezuela

Kompas.com - 15/02/2019, 14:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sebanyak 25 negara disebut telah menjanjikan untuk memberikan bantuan kepada Venezuela yang kini dilanda krisis.

Jumlah bantuan yang dijanjikan tersebut mencapai total 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,4 triliun.

"Hari ini, sebanyak 25 negara, yang bersatu dalam Konferensi Bantuan Kemanusiaan Mendukung Venezuela yang diselenggarakan OAS (Organisasi Negara-negara Amerika) menjanjikan bantuan senilai 100 juta dollar AS," tulis Penasehat Keamanan Nasional AS, John Bolton dalam akun Twitter-nya, Kamis (14/2/2019).

Baca juga: Brasil Setuju Tampung Berton-ton Bantuan Kemanusiaan untuk Venezuela

Menurut David Smolanksy, selaku koordinator kelompok kerja OAS untuk migrasi dan pengungsiVenezuela, uang bantuan tersebut akan langsung diserahkan ke pusat pengumpulan bantuan yang didirikan di perbatasan Venezuela dengan Kolombia dan Brasil, serta di Pulau Curazao di Karibia.

Disampaikan perwakilan ketua Majelis Nasional Venezuela Juan Guaido, Carlos Vecchio, saat ini prioritasnya adalah mendapatkan bantuan untuk Venezuela selambatnya pada 23 Februari, atau sebulan setelah Guaido mendeklarasikan diri sebagai presiden interim.

Antara Guaido dengan Presiden Nicolas Maduro saat ini sedang terlibat perseteruan tentang penerimaan bantuan asing ke Venezuela.

Maduro menilai masuknya bantuan asing akan menjadi panggung untuk intervensi militer AS, sehingga dia memerintahkan militer Venezuela untuk memblokade jembatan internasional Tienditas yang menjadi jalur masuk bantuan.

Konferensi Bantuan Kemanusiaan Mendukung Venezuela yang diselenggarakan OAS pada Kamis digelar atas permintaan Sekjen Luis Almagro.

Namun di dalam OAS sendiri, dari 34 negara anggota yang menandatangani deklarasi mengakui Guaido sebagai presiden sementara hanya sebanyak 16 negara.

Baca juga: Belanda Siap Bangun Pusat Bantuan Kemanusiaan untuk Venezuela di Karibia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com