Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Anjing Bakal Diselamatkan dari Rumah Jagal di Korea Selatan

Kompas.com - 13/02/2019, 18:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HONGSEONG, KOMPAS.com - Operasi penyelamatan untuk menyelamatkan ratusan anjing dari rumah jagal di Korea Selatan telah mulai dilancarkan, Rabu (13/2/2019).

Operasi penyelamatan yang direncanakan berlangsung selama dua pekan itu digerakkan oleh kelompok perlindungan hewan, Humane Society International (HSI).

Ditargetkan operasi itu dapat membebaskan sekitar 200 ekor anjing dari peternakan di wilayah Hongseong, sekitar 150 kilometer arah selatan Seoul.

Peternakan tersebut akan menjadi kompleks ke-14 yang ditutup oleh organisasi tersebut sejak 2015.

"Anjing-anjing ini tidak berbeda dengan anjing-anjing yang dipelihara lainnya. Mereka membutuhkan kasih sayang dan perhatian," kata Kelly O'Meara, seorang pejabat HSI, kepada AFP, Rabu (13/2/2019).

Baca juga: Cuaca Panas di Korea Utara, Masakan Daging Anjing Paling Banyak Dicari

Setelah dibebaskan, anjing-anjing dari Korea Selatan tersebut akan dibawa ke Kanada dan AS untuk mendapat tempat tinggal baru.

Organisasi perlindungan hewan, HSI, mengklaim bahwa mereka telah menyelamatkan hingga lebih dari 1.600 anjing selama kurun waktu tiga tahun terakhir, sejak 2015.

Setelah menutup peternakan anjing, pemilik akan didorong mengubah usahanya, salah satunya yang telah berhasil, dari bisnis daging anjing menjadi perkebunan blueberry.

Sementara itu, pemilik peternakan anjing Hongseong, Lee Sang-gu mengatakan, pihaknya memutuskan menutup peternakannya dan mengubahnya menjadi bisnis lain.

"Bisnis ini (daging anjing) sudah tidak lagi menguntungkan. Selain itu keluarga saya menentang mengkonsumsi anjing," ujar Lee.

Survei yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa 70 persen warga Korea Selatan sudah tidak lagi mengkonsumsi daging anjing. Namun hanya sekitar 40 persen yang menilai praktik itu harus dilarang.

Sementara sebanyak 65 persen responden mendukung upaya pengembangbiakan dan pemotongan anjing di bawah kondisi yang lebih layak.

Saat ini, di Korea Selatan tidak ada undang-undang yang mengatur tata cara perawatan dan pemotongan anjing untuk konsumsi.

Para pelaku peternakan anjing potong mendesak agar memasukkan usaha mereka di bawah peraturan kesejahteraan ternak. Namun kelompok hak hewan menentang hal itu dan mendesak penghapusan total.

Baca juga: Berisiko Rabies, Warga Vietnam Didesak Kurangi Konsumsi Daging Anjing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com