Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Berencana Kirim Lebih Banyak Pasukannya di Polandia

Kompas.com - 13/02/2019, 17:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WARSAWA, KOMPAS.com - Amerika Serikat berencana meningkatkan kehadiran pasukannya di Polandia melampaui jumlah kontingen saat ini yang mencapai 4.000 personil.

Pernyataan itu disampaikan Duta Besar AS untuk Polandia, Georgette Mosbacher, menjelang agenda konferensi tingkat tinggi yang akan dilangsungkan di Warsawa pekan depan.

Mosbacher mengatakan, akan ada peningkatan besar dalam kehadiran militer AS di Polandia, sebagai tanggapan atas permintaan pemerintah sayap kanan Warsawa.

"(Peningkatan) ini akan cukup signifikan. Melebihi seratus, bahkan ratusan. Saya pikir (Polandia) akan mendapatkan sebagian besar dari apa yang mereka harapkan," ujar Mosbacher kepada Financial Times, seperti dikutip AFP, Rabu (13/2/2019).

Baca juga: AS Diminta Bangun Pangkalan Militer Permanen di Polandia

Namun Mosbacher tidak merinci kapan penambahan maupun kerangka waktu penambahan pasukan itu akan dilakukan.

AS memimpin pasukan multinasional NATO di Polandia, satu dari empat aliansi internasional yang dipimpin AS yang dikerahkan ke wilayah tersebut pada 2017.

NATO membuka pusat kontra-spionase di Polandia yang bertujuan memperluas kemampuan mengumpulkan intelijen menyusul ketegangan dengan Rusia terkait pencaplokan Crimea pada 2014.

Warsawa juga telah mendesak Washington untuk membuka pangkalan militer AS secara permanen di wilayah negaranya.

Namun, kepala Angkatan Darat AS mengatakan pada September lalu bahwa Polandia kemungkinan tidak siap untuk menjadi basis pangkalan militer permanen karena kurangnya ruang untuk memenuhi persyaratan pelatihan bagi tentara Amerika.

Namun Mosbacher membalas pernyataan pejabat AS dan menyebutnya terlalu meremehkan gagasan tentang pangkalan militer permanen itu.

Sebelumnya, Wakil Presiden AS Mike Pence dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menekankan konferensi di Warsawa tentang masalah keamanan di Timur Tengah dan bahwa AS akan menjadi tuan rumah bersama dengan Polandia.

Presiden Polandia Andrzej Duda diperkirakan juga bakal mengunci kesepakatan untuk pembelian sistem kendaraan peluncur roket kendali dari Amerika Serikat senilai 365 juta euro (sekitar Rp 5,8 triliun).

Baca juga: Polandia Bakal Beli Peluncur Roket Senilai Rp 5,8 Triliun dari AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com