Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS: Putin Merusak Demokrasi di Seluruh Dunia

Kompas.com - 13/02/2019, 16:12 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

BRATISLAVA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo memperingatkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin merupakan ancaman bagi demokrasi di seluruh dunia.

Pernyataan itu disampaikan saat dia berada di Slowakia, Selasa (12/2/2019).

Sebagai informasi, ini merupakan kunjungan kali pertama seorang menlu AS di negara tersebut dalam 14 tahun.

Baca juga: Ikuti AS, Putin Tangguhkan Perjanjian Nuklir Era Perang Dingin

"Vladimir Putin berniat merusak demokrasi di seluruh dunia, jangan membuat kesalahan tentang itu. Kita harus terus terang terkait hal itu," katanya, di depan mahasiswa jurnalisme di Bratislava, dikutip dari AFP.

Pompeo juga memperingatkan, Rusia bukanlah negara satu-satunya yang berusaha untuk mengikis kedaulatan dan kebebasan di Eropa.

"Butuh penjagaan untuk melawan ekonomi China dan upaya lain yang menciptakan ketergantungan dan manipulasi terhadap sistem politik kalian," ucapnya.

"Ini nyata, disengaja dan mereka mencoba melakukan hal-hal yang merusak kedaulatan kalian," imbuhnya, seperti diwartakan Al Jazeera.

Keberadaan Pompeo di Slowakia merupakan bagian dari turnya di Eropa, yang dimulai di Hongaria.

Dia berusaha menyoroti peran AS dalam jatuhnya komunisme tiga dekade lalu, saat Putin menemukan pendukung semakin luas di bekas blok Timur.

Di Slowakia, Pompeo juga bertemu dengan lima tahanan politik di monumen peringatan bernama Gerbang Kebebasan di perbatasan dengan Austria.

Baca juga: Putin dan Erdogan Menyatakan Dukungan terhadap Presiden Maduro

Di titik itulah, 400 orang tewas sepanjang 1945-1989 ketika berupaya menerobos Tiai Besi ke Barat.

"AS telah bersama dengan rakyat Slowakia sebagai rekan, sebagai mitra selama 30 tahun terakhir, dan kami akan terus mendukung Anda dalam beberapa dekade mendatang," katanya kepada Presiden Andrej Kiska.

"Atas nama AS, saya bangga berdiri dalam persatuan dengan rakyat Slowakia dan Eropa untuk masa depan yang lebih sejahtera, lebih aman dan, yang terpenting, hebat," ucapnya.|

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com