Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2019, 18:05 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber UPI

SYDNEY, KOMPAS.com - Sebuah kebun binatang di Australia memanfaatkan momen Hari Valentine tahun ini dengan cara yang unik.

Wild Life Sidney Zoo, yang berlokasi di Kota Sidney, negara bagian New South Wales, Australia, menggelar sayembara terbuka untuk memberi nama seekor ular koleksi kebun binatang tersebut.

Melansir dari situs resminya, kebun binatang itu menawarkan kepada warga, kesempatan untuk memberi nama seekor ular cokelat dengan nama mantan kekasih mereka.

Caranya, warga yang ingin berpartisipasi dalam sayembara dapat mendaftar sebagai peserta melalui situs resmi kebun binatang.

Peserta kemudian akan diminta untuk memberikan donasi sebesar 1 dollar Australia atau sekitar Rp 10.000.

Baca juga: Bujuk Rayu Staf Kebun Binatang Berhasil Selamatkan Orangutan dari Kebakaran

Seluruh donasi yang terkumpul dari peserta sayembara ini akan langsung masuk dalam Dana Konservasi Wild Life, yang akan dimanfaatkan untuk upaya pelestarian satwa liar asli Australia melalui penelitian dan program atau acara pendidikan.

Setelah setuju memberikan donasi, peserta diminta menuliskan nama mantan kekasih yang akan diberikan kepada ular tersebut dan menjelaskan dalam 25 kata atau kurang, alasan ular tersebut pantas diberi nama seperti mantan kekasih peserta.

Sayembara akan ditutup pada 13 Februari 2019 mendatang pada pukul 23.59 waktu Australia dan nama pemenang yang dipilih dewan juri akan diumumkan pada Hari Valentine, 14 Februari mendatang.

Lantas apa hadiah yang akan diperoleh pemenang sayembara?

Selain nama mantan kekasih peserta yang akan menjadi nama ular berbisa koleksi Wild Life Sidney Zoo, yang dibuktikan dengan sertifikat resmi, pemenang akan berkesempatan mengunjungi kebun binatang untuk melihat ular tersebut secara gratis selama satu tahun.

Ular cokelat, yang bernama ilmiah Pseudonaja textilis, merupakan spesies ular asli Australia dan dikenal sebagai salah satu spesies ular paling berbisa di dunia.

"Kami berharap dengan memberi kesempatan kepada seseorang yang tidak beruntung (dalam kisah cinta mereka) untuk menamai seekor ular cokelat di kebun binatang kami dengan nama mantan kekasih mereka."

"Kami ingin dapat memberikan sesuatu yang berbeda untuk dirayakan pada Hari Valentine tahun ini," kata general manajer Wild Life Sidney Zoo, Mark Connolly.

"Kami juga akan memberi izin masuk tahunan ke Wild Life Sidney Zoo, sehingga pemenang dapat mengunjungi ular tersebut sebanyak yang diinginkan selama satu tahun ke depan," tambahnya.

Baca juga: Menyusup ke Kebun Binatang, Pria di India Tewas Diserang Dua Singa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber UPI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com