Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan Paus Fransiskus Selama 3 Hari di Uni Emirat Arab

Kompas.com - 07/02/2019, 14:09 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah kunjungan bersejarah baru saja terjadi saat pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus untuk kali pertama bertandang ke Uni Emirat Arab.

Dalam sejarah Kepausan, Paus Fransiskus menjadi pemimpin umat Katolik pertama yang mendatangi wilayah Teluk.

Sebelumnya, jika mendatangi wilayah Timur Tengah, Paus baru berkunjung ke negara-negara yang memiliki populasi umat Katolik cukup tinggi, seperti Mesir, Lebanon, atau Suriah.

Adapun, negara yang tergolong wilayah Teluk adalah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Kuwait, Oman, Qatar, dan Irak.

Sejumlah agenda langsung dilakukan Paus Fransiskus begitu menginjak negeri di wilayah Teluk ini.

Mendarat di Abu Dhabi

Paus mendarat di Bandara Presidensial Abu Dhabi pada Minggu (3/2/2019) pukul 21.47 malam waktu setempat. Dia menggunakan Maskapai Alitalia Boeing-B777.

Kehadirannya disambut oleh Putra Mahkota Abu Dhabi, Pangeran Syeikh Mohammed bin Zayed dan Imam Al Azhar Kairo, Syeikh Ahmed al-Tayeb.

"Dengan hangat kami menyambutmu, Bapak Suci, Paus Fransiskus," tulis Putra Mahkota melalui akun Twitternya @MohammedBinZayed.

Baca juga: Tempuh Jarak 13.000 Km, Bocah Kolombia Ini Berikan Surat kepada Paus Fransiskus

Sambutan Putra Mahkota Abu Dhabi untuk Paus disampaikan melalui Twitter.Twitter Sambutan Putra Mahkota Abu Dhabi untuk Paus disampaikan melalui Twitter.

Menghadiri Konferensi

Paus dan ratusan pemuka agama lainnya dari seluruh dunia menghadiri Global Conference of Human Freternity di Abu Dhabi, Senin (4/2/2019).

Dikutip dari Vatikannews, dalam diskusi yang berlangsung, Paus menyampaikan beberapa pesan utama terkait dialog antaragama, memerangi ekstremisme, kebebasan beragama, dan menyampaikan pesan perdamaian.

Paus menyampaikan, iman akan membawa manusia pada hubungan yang lebih intim dan dekat, meskipun terdapat banyak perbedaan di dalamnya. Iman juga yang akan menjauhkan kita dari permusuhan dan rasa enggan.

Paus Fransiscus dalam konferensi di Abu DhabiVatikannews Paus Fransiscus dalam konferensi di Abu Dhabi

Menurut Paus Fransiskus, kita semua adalah saudara meskipun memeluk agama yang berbeda-beda.

Atas undangan yang diterimanya, Paus Fransiskus mengucapkan terima kasih kepada Putra Makota Pangeran Syeikh Mohammed bin Zayed selaku pengundang.

Tak lupa, Paus juga mengucapkan terima kasih atas penyambutan hangat yang diberikan padanya saat tiba di Abu Dhabi untuk pertama kalinya.

Pimpin misa

Selain menghadiri pertemuan antar-pemuka agama dari seluruh dunia, Paus Fransiskus juga dijadwalkan memimpin misa terbuka di Stadion Olahraga Zayed, Selasa (5/2/2019). Ini adalah kali pertama diadakan missa terbuka di UEA.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com