Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Surat, Gadis Usia 12 Tahun Tantang Paus Fransiskus Jadi Vegan Selama Pra-Paskah

Kompas.com - 07/02/2019, 07:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

VATIKAN, KOMPAS.com - Seorang gadis berusia 12 tahun mengajukan penawaran kepada Paus Fransiskus, Rabu (6/2/2019).

Melalui sebuah surat terbuka, gadis itu mengajak kepada Paus Fransiskus untuk mencoba menjadi seorang vegan selama Pra-Paskah, dan uang 1 juta dollar AS akan disumbangkan ke sebuah badan amal pilihan Paus.

Genesis Butler (12), adalah gadis yang dikenal sebagai seorang aktivis dan pengkampanye hak hewan dan iklim.

Gadis itu telah menjadi seorang vegan sejak usia enam tahun dan pada usia delapan tahun bergabung dengan gerakan yang mendukung kesejahteraan hewan.

Di usia 10 tahun, gadis asal California ini telah menjadi pembicara di TedX yang mengangkat tentang hak-hak hewan.

Baca juga: Tempuh Jarak 13.000 Km, Bocah Kolombia Ini Berikan Surat kepada Paus Fransiskus

"Yang Mulia, kita harus bertindak," tulis Genesis dalam surat terbuka yang telah mendapat dukungan dari sejumlah tokoh terkenal, termasuk Paul McCartney, Brigitte Bardot, dan puluhan selebritas anak.

"Beralih menuju pola makan nabati akan melindungi tanah, pohon, lautan, dan udara kita. Juga membantu memberi makan wilayah paling rentan di dunia."

"Paus Fransiskus, hari ini saya meminta Anda untuk bergabung dengan saya untuk menghindari semua produk hewani selama masa Pra-Paskah," tulis Genesis, seperti dilansir AFP.

Dalam suratnya, gadis berusia 12 tahun itu merefleksikan gerakan sosial yang telah berubah menjadi seruan yang mendesak untuk konsumsi lebih sedikit atau sama sekali tanpa bahan makanan dari hewan.

"Dengan 815 juta orang yang menderita kekurangan gizi, bayangkan berapa banyak orang-orang kelaparan di seluruh dunia yang bisa kita beri makan jika kita menjauhi pola makan yang boros," tulis gadis itu.

Sebuah penelitian yang dilakukan bulan lalu menghitung bahwa hanya dengan pola makan nabati yang ketat, yang akan mengurangi konsumsi daging saat ini, terutama di negara-negara kaya, maka akan dapat memberi makan 10 miliar orang yang diproyeksikan bakal menghuni bumi pada 2050, tanpa merusak lingkungan.

Baca juga: Momen Bersejarah, Paus Fransiskus Gelar Misa Terbuka di Uni Emirat Arab

Genesis menuliskan surat tersebut dalam rangka bekerja sama dengan kampanye nirlaba yang disebut dengan Vegan Million Dollar.

Kampanye tersebut dipimpin oleh organisasi Blue Horizon International Foundation, yang bermarkas di AS.

Dalam kampanyenya, organisasi tersebut berjanji akan menyumbang sebesar 878.000 euro atau 998.000 dollar AS (sekitar Rp 13 miliar), kepada badan amal pilihan Paus Fransiskus, apabila dia bersedia menerima tantangan Genesis.

Penyelenggara kampanye tersebut mencatatkan, surat ensiklik yang ditulis Paus Fransiskus pada 2015, yang berjudul "Laudato Si", menyerukan kepada perubahan gaya hidup, termasuk produksi dan konsumsi untuk memulihkan alam dan memerangi perubahan iklim.

Belum ada tanggapan dari Vatikan atas tawaran yang diberikan Genesis kepada Paus Fransiskus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com