Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Siap Bantu Bangun Kembali Suriah yang Hancur Akibat Perang

Kompas.com - 05/02/2019, 23:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Pemerintah Iran menyatakan siap membantu Suriah untuk membangun kembali negara itu yang telah hancur karena dampak perang yang berkepanjangan.

Menteri Urusan Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, negaranya yang telah lama menjadi sekutu setia dari Suriah, siap memberikan bantuan dalam upaya Damaskus untuk membangun kembali negaranya.

"Perusahaan-perusahaan Iran siap bekerja sama secara ekonomi dengan Suriah selama periode rekonstruksi," kata Zarif saat bertemu dengan rekannya, Menteri Luar Negeri Suriah, Walid Mouallem, dalam pertemuan tertutup di Teheran, Selasa (5/2/2019).

Dilansir AFP, Zarif menambahkan, Damaskus dan Teheran telah menandatangani serangkaian kesepakatan pada akhir Januari lalu, termasuk di antaranya perjanjian "kerja sama ekonomi" jangka panjang.

Baca juga: Iran: Sejak Awal, Keberadaan Pasukan AS di Suriah Sudah Salah

Sementara Presiden Suriah, Bashar al-Assad mengatakan, kesepakatan yang terjalin bertujuan untuk membantu dalam hal konsolidasi ketahanan Suriah dan Iran terhadap perang ekonomi yang dilakukan oleh beberapa negara Barat terhadap kedua negara Timur Tengah itu.

Baik Iran maupun Rusia, telah lama menjadi pendukung utama rezim Assad, sepanjang perang saudara di Suriah yang berlangsung selama hampir delapan tahun dan telah menewaskan lebih dari 360.000 orang, serta jutaan lainnya terlantar.

Konflik di Suriah juga telah menimbulkan kehancuran dan kerugian materi senilai hampir 400 miliar dollar AS, demikian menurut PBB.

Bantuan dari negara-negara sekutu juga telah membawa rezim Assad berhasil merebut kembali wilayah yang sempat dikuasai oleh pemberontak maupun kelompok militan sejak 2015.

Pasukan pro-rezim pemerintah Suriah kini telah kembali menguasai dan mengendalikan hampir dua pertiga wilayah negara itu, termasuk kota-kota utamanya.

Presiden Assad telah berjanji bakal memprioritaskan proyek rekonstruksi dan Damaskus secara konsisten menekankan peranan penting yang diharapkan dapat dimainkan oleh perusahaan Rusia dan Iran dalam proses tersebut.

Baca juga: Turki dan Iran Siap Bekerja Sama Akhiri Perang di Suriah Usai Ditinggalkan AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com