Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Trump di Gedung Putih Bocor, Lebih Banyak "Waktu Eksekutif"

Kompas.com - 05/02/2019, 06:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber CNN,AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Jadwal kegiatan sehari-hari Presiden Donald Trump selama di Gedung Putih dikabarkan telah bocor.

Dalam jadwal tersebut, tidak banyak rincian kegiatan yang dilakukan Trump setiap harinya, dengan lebih banyak waktu dikategorikan sebagai "waktu eksekutif" yang tidak terstruktur.

Kabar bocornya jadwal Presiden AS alias POTUS itu pertama diungkapkan oleh situs berita axios.com yang mengaku memperoleh 51 jadwal pribadi presiden dari sumber dalam Gedung Putih.

Meski jadwal yang bocor adalah agenda yang telah dijalani dan bukan rencana jadwal di masa yang akan datang, hal tersebut tetap membuat geram pihak Gedung Putih.

Dilansir CNN, jadwal yang dirilis Axios, pada Minggu (3/2/2019), itu disebut merupakan agenda keseharian presiden sejak sehari usai pemilihan paruh waktu pada 2018 lalu.

Baca juga: Trump Mengaku Kehilangan Banyak Uang Setelah Jadi Presiden AS

Dalam laporannya, Axios menulis bahwa Trump menghabiskan sekitar 60 persen waktunya di Gedung Putih untuk apa yang disebut dengan "waktu eksekutif".

Dituliskan Axios, waktu eksekutif presiden lebih banyak digunakan Trump untuk menonton televisi, melakukan panggilan telepon, atau mengadakan pertemuan.

Menurut Axios, dalam jadwal yang diperoleh, presiden menghabiskan 297 jam untuk waktu eksekutif, selain itu ada sekitar 77 jam untuk pertemuan.

Sementara dilansir dari AFP, hampir setiap hari Trump baru mengawali kegiatan resminya di Gedung Putih pada pukul 11.00 pagi. Kegiatan pertama presiden biasanya diawali dengan menerima arahan dari intelijennya.

Sebagai contoh, dalam agenda Senin (4/2/2019), yang dirilis kantor pers Gedung Putih, Trump mendapat pengarahan intelijen pada pukul 11.45, yang dilanjutkan dengan makan siang dengan Wakil Presiden Mike Pence pada pukul 12.45.

Tidak ada agenda acara lain yang diungkapkan dalam daftar setelahnya.

Menanggapi kabar bocornya jadwal POTUS, sekretaris pribadi Trump, Madeleine Westerhout, melalui akun Twitter-nya, mengaku kecewa dengan pemberitaan itu. Namun pihaknya juga tidak mengakui atau membantah jadwal tersebut.

"Sungguh sebuah pelanggaran kepercayaan yang memalukan untuk membocorkan jadwal," tulisnya.

"Apa yang tidak ditunjukkan dalam jadwal adalah ratusan panggilan telepon dan pertemuan yang dilakukan Presiden Trump setiap hari."

"POTUS telah bekerja keras untuk rakyat Amerika lebih dari siapa pun dalam sejarah baru-baru ini," lanjut Westerhout dalam twitnya.

Baca juga: Trump kepada Intelijen AS: Sana Kembali ke Sekolah!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com