Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon akan Kirim 3.750 Tentara Tambahan ke Perbatasan AS-Meksiko

Kompas.com - 04/02/2019, 09:29 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Departemen Pertahanan berencana untuk mengirim pasukan tambahan ke perbatasan AS dengan Meksiko

Kabar penambahan pasukan tersebut setelah sebelumnya Pentagon mengumumkan memperpanjang misi penempatan tentaranya di perbatasan hingga akhir September 2019.

"Departemen Pertahanan akan mengerahkan sekitar 3.750 pasukan tambahan untuk memberikan dukungan terhadap petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) di perbatasan barat daya."

"Keputusan pengerahan pasukan tambahan tersebut telah disetujui oleh Penjabat Menteri Pertahanan Sementara, (Patrick) Shanahan pada 11 Januari lalu," tulis pernyataan departemen, dikutip AFP, Senin (4/2/2019).

Baca juga: Pentagon Kembali Perpanjang Misi Penempatan Tentara di Perbatasan Meksiko

Pengerahan pasukan tambahan tersebut akan berlangsung selama tiga bulan dan akan menjadikan jumlah total pasukan militer AS di perbatasan dengan Meksiko mencapai sekitar 4.350 personil.

Perintah penambahan pasukan militer ke perbatasan itu datang di tengah desakan Presiden Trump terhadap Kongres AS untuk menyetujui perdanaan pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko sebesar 5,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 80 triliun).

Misi penempatan pasukan militer ke perbatasan AS dengan Meksiko pertama kali dilaksanakan pada Oktober tahun lalu, untuk mencegah karavan migran dari melintasi Meksiko untuk menyeberangi perbatasan dan masuk ke AS guna mencari suaka dari kekerasan maupun kemiskinan di negara mereka.

Dalam misi tersebut, pasukan militer diperintahkan membantu petugas patroli perbatasan sipil dengan memberi dukungan logistik serta membantu memasang pagar kawat berduri di sepanjang perbatasan.

Namun setelah perpanjangan misi pada pertengahan Desember lalu, kini Pentagon juga memperluas jangkauan misi dengan menambahkan tugas pengawasan dan deteksi.

"Tugas pasukan militer dalam misi di perbatasan kini mencakup pengawasan serta pemasangan sekitar 240 kilometer kawat berduri di antara gerbang masuk di sepanjang perbatasan," tambah pernyataan Pentagon.

Baca juga: Trump Minta DP untuk Bangun Tembok Perbatasan di Meksiko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com