Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Raja Baru Malaysia, Penggemar Setia Arsenal dan Lagu "Ballad"

Kompas.com - 31/01/2019, 19:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Sultan Pahang Abdullah Sultan Ahmad Shah resmi menjadi Yang di-Pertuan Agong Malaysia pada Kamis (31/1/2019).

Sultan keenam Pahang tersebut menjadi raja ke-16 Malaysia menggantikan Sultan Muhammad V dari Kelantan yang mundur pada 8 Januari lalu.

Baca juga: Sultan Pahang Resmi Dilantik sebagai Raja Malaysia

Diwartakan Bernama via Channel News Asia, Sultan Abdullah tercatat sebagai salah satu anggota dewan organisasi sepak bola dunia (FIFA).

Namun menurut Ketua Protokol dan Perwira Khusus Abd Rahman Endut, Abdullah adalah seorang pendukung setia tim sepak bola Inggris Arsenal.

Dia merupakan Gooner, julukan pendukung Arsenal, setia dan sering menonton performa tim asal London Utara itu semasa masih bersekolah di Inggris.

"Jika Anda bertanya siapa pemain favoritnya, itu adalah penyerang Perancis Thierry Henry. Namun dia juga menyukai mantan kiper Pat Jennings karena gaya bermainnya," kata Rahman.

"Meski warna kebesaran Arsenal merah, sejatinya Sultan Abdullah menyukai biru," ucap Rahman yang menjadi kepala protokol sejak 1974.

Sementara untuk musik, Rahman mengungkapkan raja berusia 59 tahun itu sangat menyukai ballad, dan diva Siti Nurhaliza Tarudin.

"Tuanku sangat menyukai lagu mancanegara seperti Hello (Lionel Richie), How Deep Is Your Love (Bee Gees), maupun You've Got a Friend," ucap Rahman.

Rahman melanjutkan, Abdullah pernah bermain sebagai gelandang di masa mudanya, dan bisa olahraga lain seperti tenis, golf, hingga berkuda.

Sultan Abdullah, lanjutnya, mempunyai jiwa sportivitas yang tinggi, dan tidak ingin diperlakukan khusus hanya karena dia bangsawan.

Dia bercerita bagaimana Abdullah mempunyai cedera di kaki pada 30 tahun silam karena ditekel dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Rahman mengisahkan bagaimana yang lain panik ketika Abdullah jatuh karena cedera. Namun, dia tidak marah karena itu hal lumrah dalam olahraga.

"Tuanku pernah dinasihati untuk dirawat di rumah sakit. Namun beliau tidak mau karena takut bakal bosan selama di sana," ujar Rahman.

Dia menjelaskan Abdullah tidak akan marah jika dia kalah dalam bertanding karena dia merasa mengerahkan kemampuan maksimal dalam level setara.

Baca juga: Sultan Pahang Terpilih Menjadi Raja Baru Malaysia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com