Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Ajak Para Pendukungnya Sumbang Dana dalam Bentuk Bitcoin

Kompas.com - 31/01/2019, 17:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

GAZA, KOMPAS.com - Kelompok Islam Palestina, Hamas, yang memegang kendali wilayah Jalur Gaza, menyerukan kepada para pendukungnya untuk mengirimkan dana dalam bentuk Bitcoin.

Seruan permintaan bantuan pendanaan dalam bentuk mata uang virtual itu dikirimkan melalui pesan kepada para pendukung Hamas, pada Selasa (29/1/2019).

"Dukung perlawanan secara finansial melalui mata uang Bitcoin," tulis pesan yang dikirimkan seorang juru bicara sayap militer Hamas, seperti dikutip AFP.

Ditambahkan dalam pesan tersebut, mekanisme pengiriman sumbangan dana akan diumumkan kemudian.

Baca juga: Hamas Pilih Tolak Uang Bantuan Qatar yang Sempat Diblokir Israel

Seruan permintaan sumbangan dana dalam bentuk Bitcoin itu muncul menyusul keputusan Hamas yang memilih berhenti menerima dana bantuan dari pemerintah Qatar untuk membayar gaji karyawan mereka di Gaza.

Keputusan menolak dana bantuan Qatar itu setelah Israel sempat memblokir pengiriman dana sebesar 15 juta dollar AS (sekitar Rp 212 miliar) itu.

Pemblokiran dana oleh otoritas Israel dilakukan usai terjadinya bentrokan antara anggota Hamas dengan militer Israel sehari sebelumnya.

Meski pada akhirnya dana bantuan diizinkan untuk dikirim ke wilayah Jalur Gaza, namun Hamas menilai Israel telah menggunakan dana bantuan itu untuk memeras rakyat Gaza dan juga mempermalukan Qatar.

Qatar pada November lalu telah sepakat memberi dana bantuan senilai total 90 juta dollar AS (sekitar Rp 1,3 triliun) sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata informal antara Hamas dengan Israel.

Pemerintah Qatar juga telah memutuskan untuk berhenti membayarkan gaji para pegawai Hamas di Gaza setelah adanya penolakan dari kelompok Islam Palestina itu.

Namun Qatar berjanji akan tetap menyalurkan sisa dana bantuan yang telah disepakati yang akan digunakan untuk membantu warga miskin yang berada di Gaza.

Baca juga: Qatar Hentikan Dana Bantuan untuk Bayar Gaji Pegawai Hamas di Gaza

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com