Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS di Laut Baltik

Kompas.com - 29/01/2019, 11:58 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur jenis Su-27 milik AU Rusia mencegat sebuah pesawat pengintai milik AU Amerika Serikat jenis P-8A Poseidon.

Pesawat milik AS itu dicegat karena mendekati perbatasan maritim Rusia di Laut Baltik. Demikian Kementerian Pertahanan Rusia, Senin (28/1/2019).

Sebelumnya, radar Rusia menangkap pesawat itu mendekat ke kawasan perairan netral di Baltik. Beberapa saat kemudian Rusia mengirimkan sebuah Su-27 untuk mencegat.

Baca juga: Dua Jet Tempur Rusia Sukhoi Su-34 Bertabrakan di Udara

Pesawat Rusia itu kemudian mendekati targetnya meski masih menjaga jarak aman dan mengidentifikasi pesawat itu sebagai Poseidon P-8A milik AS.

Setelah dicegat Su-27 itu, pesawat AS tersebut langsung memutar arah dan jet Rusia kembali ke pangkalannya dengan selamat.

Insiden ini belakangan menjadi hal yang lumrah saat NATO meningkatkan kehadirannya di dekat perbatasan Rusia menyusul aneksasi Crimea pada 2014 serta konflik di Ukraina.

Pada November tahun lalu, AS mengajukan protes atas apa yang disebut sebagai pencegatan yang tidak aman Su-27 terhadap pesawat pengintai EP-3.

AL Amerika Serikat menuding jet Rusia melakukan terbang lintas berkecepatan tinggi tepat di depan pesawat pengintai itu sehingga membahayakan seluruh kru pesawat.

Baca juga: Kapal Perang Inggris Dikelilingi 17 Jet Tempur Rusia di Laut Hitam

Namun, Moskwa bersikukuh pilotnya tetap menjaga jarak aman saat melakukan manuver di udara

Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia juga merilis video saat sebuah Su-27 mencegat sebuah pesawat pengintai milik AU Swedia. di Laut Baltik.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com