Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebaskan Rekannya, Kelompok Bersenjata Serang Mobil Tahanan di Perancis

Kompas.com - 28/01/2019, 22:42 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TARASCON, KOMPAS.com - Tiga orang bersenjata berat menyerang sebuah sebuah mobil tahanan yang membawa seorang tahanan menuju gedung pengadilan.

Insiden bak film aksi itu terjadi di luar gedung pengadilan di Kota Tarascon, Perancis selatan, pada Senin (28/1/2019), sekitar pukul 08.30 pagi waktu setempat.

Mobil tahanan yang diserang dilaporkan membawa seorang tahanan dari penjara di Beziers, yang berjarak sekitar 150 kilometer dari lokasi kejadian untuk menghadiri persidangan.

Namun saat mobil tahanan sampai di depan gedung pengadilan, mendadak tiga pria dengan bersenjata berat mendekat dan melepaskan tembakan.

"Saat kejadian para penjaga sedang keluar dari mobil untuk menekan bel gerbang gedung pengadilan. Tapi tiba-tiba sejumlah pria bersenjata menyerang mereka," ujar Nicolas Burtz, perwakilan serikat penjaga penjara setempat, dilansir AFP.

Baca juga: Coba Kabur dari Polisi, Seorang Buronan Babak Belur Ditendang Kuda

Kelompok bersenjata itu menembak ban mobil tahanan dan melumpuhkan seorang wanita penjaga yang menolak melepaskan tahanan.

Penjaga tidak melepaskan tembakan dalam insiden tersebut. Demikian disampaikan Kementerian Kehakiman dan jaksa setempat.

Identitas tahanan yang dibawa kabur tidak segera diungkapkan, namun diinformasikan dia telah dipenjara sejak September 2017 atas kasus perampokan bersenjata dan terlibat geng kriminal.

"Tahanan tersebut sebelumnya sudah pernah berusaha melarikan diri. Petugas telah terlalu naif. Dia telah berpura-pura baik selama beberapa bulan demi mencoba melarikan diri lagi," kata Karim Terki, perwakilan serikat penjaga penjara lainnya.

Aksi pelarian tahanan ini mengingatkan kembali akan aksi gangster Redione Faid pada Juli 2018.

Dia berhasil kabur dari penjara di Reau, tenggara Paris, setelah mendapat bantuan dari dua rekannya yang membajak sebuah helikopter dan menggunakan bom asap.

Faid yang ditahan atas kejahatan perampokan bersenjata telah dapat kembali ditangkap tiga bulan setelah kabur.

Baca juga: Berusaha Kabur, Tahanan Tewas Tersengat Listrik Tembok Penjara di Thailand

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com