Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trevor, Bebek Paling Kesepian di Dunia, Mati Diserang Anjing

Kompas.com - 28/01/2019, 12:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ALOFI, KOMPAS.com - Seekor bebek yang disebut paling kesepian di dunia karena hidup di sebuah negara kecil Pasifik dilaporkan mati.

Bebek bernama Trevor itu mencuri perhatian dunia pada 2018 setelah menjadi satu-satunya hewan dari jenisnya yang hidup di negara kecil Niue.

Pada Kamis pekan lalu (24/1/2019), laman Facebook Trevor bertanya apakah ada yang melihat Trevor karena dia tak kelihatan beberapa hari terakhir.

Baca juga: Dipancing Pakai Bebek, Seekor Buaya Keluar dari Sungai Deli

The Stuff memberitakan, unggahan itu mendapat komentar dari netizen hingga Amerika Serikat (AS) yang menyarankan agar masyarakat mengisi laporan ke polisi.

Pada Sabtu (26/1/2019), akhirnya laman itu mengonfirmasi Trevor ditemukan mati di semak-semak dengan dugaan dia diserang anjing.

Setelah kabar kematiannya dipastikan, ucapan duka cita datang dari Ketua House of Representatives Selandia Baru Trevor Mallard.

"Belasungkawa mendapat kami sampaikan kepada rakyat Niue dari Parlemen Selandia Baru," ujar Mallard dalam unggahan Facebook.

BBC memberitakan, Trevor sampai di Niue pada 2018. Tidak dijelaskan bagaimana bebek itu bisa sampai di negara kota Medan itu.

Ketua Dewan Dagang Niue sekaligus sosok di belakang Facebook Trevor, Rae Findlay berkata, Trevor datang pada Januari 2018 setelah badai besar.

"Kami pikir dia tertiup angin atau sengaja terbang ke sini. Kami kira dia datang dari Selandia Baru. Meski tak menutup kemungkinan dia bisa jadi datang dari Tonga," kata Findlay.

Menempuh perjalanan sekitar 2.400 km, Trevor datang ke area yang tidak mempunyai rawa maupun kolam sebagai habitat tradisional bebek.

Karena itu, dia memilih tinggal di genangan air yang dicek secara berkala oleh penduduk lokal hingga tim pemadam kebakaran.

Tim pemadam kebakaran bakal mengisi genangan air Trevor jika mulai menyusut. Trevor juga suka terbang di sekitar rumah penduduk untuk meminta makan.

Baca juga: Hilang Tertiup Angin, Balon Bebek Raksasa Curi Atensi Warga Australia

"Bebek itu bakal menikmati setiap makanan yang ditawarkan penduduk mulai dari jagung, gandum, maupun kacang polong," tutur Findlay.

Terdapat permintaan dari warga agar pemerintah bisa memberikan Trevor bebek sebagai pasangan. Namun, genangannya nyatanya hanya cukup untuk dia saja.

Meski begitu, Findlay menuturkan Trevor berkawan baik dengan ayam maupun veka, burung asli Niue yang hidup di sekitar genangan.

Dia mengaku sebelum bekerja, dia bakal berhenti di genangan tempat Trevor tinggal, dan memberikannya makan sekantong gandum.

"Saya bakal merindukan kebiasaan itu. Trevor jelas sudah menawan hati orang banyak. Dia bakal dirindukan," ucap Findlay.

Baca juga: Jatuh ke Sumur, Pencuri Bebek Minta Tolong kepada Korbannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com