Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tornado Terjang Bandara di Turki, Dua Pesawat Rusak

Kompas.com - 27/01/2019, 23:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ANTALYA, KOMPAS.com - Angin tornado menerjang kawasan wisata di Turki, Sabtu (26/1/2019). Kerusakan turut dialami sejumlah pesawat yang terparkir di bandara.

Sejumlah rekaman video yang tersebar di dunia maya memperlihatkan saat-saat cuaca buruk disertai angin kencang dan puting beliung melanda Bandara Antalya, Turki.

Angin yang bergerak berputar itu terlihat menggerakkan sejumlah pesawat udara yang terparkir di bandara.

Setidaknya dua pesawat terbang komersial dan sebuah helikopter milik kepolisian dilaporkan mengalami kerusakan akibat terjangan angin topan.

Baca juga: Angin Tornado Terjang 3 Daerah di AS

Sementara dilaporkan belasan orang terluka akibat cuaca buruk yang menerjang kawasan resor wisata. Sejumlah kendaraan termasuk bus juga terkena dampak angin topan.

Dilansir AFP, Gubernur Antalya, Munir Karaloglu mengatakan, setidaknya 12 orang mengalami luka dan dua bus di bandara meledak, setelah diterjang angin topan.

Pejabat pemerintah setempat, pada Minggu (27/1/2019), turut memperingatkan bahwa cuaca buruk masuk akan terjadi. Setidaknya dilaporkan telah terjadi lima kali terjangan angin tornado dalam tiga hari terakhir di wilayah tersebut.

Kantor berita Anadolu memberitakan, pada Kamis (24/1/2019), dua orang dilaporkan tewas setelah angin topan menerjang distrik Kumluca dan Finike.

Tim penyelamat juga dikerahkan untuk mencari seorang mahasiswa yang hilang setelah mobilnya yang sedang dikemudikannya diterjang tornado.

Menteri Lingkungan Hidup Turki, Murat Kurum mengatakan, sebanyak 315 bangunan mengalamin kerusakan akibat cuaca buruk yang terjadi dalam dua hari terakhir di provinsi itu.

Sementara, Presiden Recep Tayyip Erdogan melaporkan pada Minggu (27/1/2019) dalam rapat umum di Antalya bahwa kerugian materi akibat kerusakan yang disebabkan cuaca buruk telah mencapai hampir 100 juta lira (sekitar Rp 267 miliar).

Baca juga: Badai Tropis Pabuk Terjang Thailand, Lima Orang Dilaporkan Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com