Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2019, 16:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CARACAS, KOMPAS.com - Keputusan Amerika Serikat (AS) yang menyatakan dukungan kepada kelompok oposisi Venezuela mendapat sorotan dari para pakar.

Babak baru krisis Venezuela terjadi pada Rabu (23/1/2019) ketika Presiden AS Donald Trump mengumumkan dukungan bagi Juan Guaido.

Guaido merupakan Ketua Dewan Nasional yang mendeklarasikan dirinya sebagai presiden sementara dalam upaya menggulingkan Presiden Nicolas Maduro.

Baca juga: Trump Akui Lawan Politik Maduro sebagai Presiden Venezuela

Pernyataan Trump segera mendapat respon dari sejumlah negara seperti raksasa Amerika Latin seperti Brasil, Peru, Kolombia, maupun negara Amerika Utara Kanada.

Menyebut Maduro "diktator menyedihkan", Kementerian Luar Negeri AS mengajak militer maupun pasukan keamanan untuk berpihak kepada Guaido.

Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino merespon dengan menegaskan militer tidak akan menanggalkan sumpah setia mereka kepada Maduro.

"Tentara kami tidak akan menerima presiden yang mendeklarasikan dirinya sendiri di luar konstitusi yang berlaku," tegas Padrino dikutip BBC.

Mantan diplomat AS Jim Jatras kepada Russian Today Kamis (24/1/2019) menuturkan, Maduro tentu tak bakal menerima keputusan untuk menjungkalkan dirinya.

"Pertanyaannya adalah, siapa yang bakal memihak Tuan Maduro dan siapa yang bakal mendukung Tuan Guaido dan seberapa jelek perkembangannya," papar Jatras.

Analis politik Dimitris Pantoulas mengatakan, langkah yang diambil oleh Guaido terbilang berisiko. Di satu sisi, dia mendapat pengakuan internasional.

Namun di sisi lain karena tidak melalui konstitusi yang berlaku, dia tidak mempunyai kekuasaan atas lembaga negara maupun militer.

"Sudah jelas bahwa strategi itu diputuskan pemerintah AS dan oposisi, jadi kemungkinan mereka bisa berbagi risiko," kata Pantoulas kepada The Guardian.

Dia memprediksi respon Caracas bakal segera datang. Di sisi lain, dia sanksi jika rakyat siap untuk mempertahankan Guaido dengan nyawa mereka.

Baca juga: Trump Dukung Oposisi Venezuela, Presiden Maduro Usir Diplomat AS

Sementara Jatras menjelaskan keadaan ini bisa memicu perang saudara. "Jika militer atau polisi terbelah, maka bisa terjadi kekacauan serius di ini," tuturnya.

Brian Becker dari ANSWER Coalition menjabarkan, jutaan rakyat Venezuela bangkit dari kemiskinan melalui Revolusi Bolivarian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com