Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Sebut Kecemasan terhadap Migran Bisa Membuat Gila

Kompas.com - 24/01/2019, 15:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

PANAMA CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus memulai perjalanannya ke Panama, Amerika Tengah, membuat wartawan penasaran tentang pendapatnya mengenai isu migran, terutama terkait tembok perbatasan.

Seperti diketahui, tembok perbatasan yang diusulkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang memicu terjadinya shutdown terpanjang dalam sejarah AS.

"Itu adalah kecemasan yang membuat kita gila," kata Paus Fransiskus, Rabu (23/1/2019), seperti dikutip dari CBS News.

Baca juga: Paus Fransiskus Desak Pemimpin Eropa Empati terhadap Nasib 49 Migran

Pria berusia 82 tahun itu merupakan paus pertama yang berasal dari Amerika Latin. Dia juga putra dari seorang imigran Italia yang tinggal di Argentina.

Selama ini, Paus Fransiskus menyoroti penderitaan para migran dan pengungsi sebagai landasan kepausannya.

Sebelum menuju ke bandara untuk bertolak ke Panama, dia bahkan menemui 8 pengungsi yang tinggal di Roma.

"Seorang yang berpikir hanya tentang membangun tembok, di mana pun mereka berada, dan justru tidak membangun jembatan, itu bukan orang beriman," ucapnya pada tahun lalu.

Karavan migran menjadi kekhawatiran Trump selama ini. Pada awal pekan ini, sebanyak 1.800 warga dari Amerika Tengah bahkan telah mencapai AS dari Ciudad Hidalgo di Meksiko.

Kelompok itu telah mulai melewati Meksiko pada pekan lalu, dan terdapat antrian panjang menuju sebuah jembatan di perbatasan.

US News melaporkan, mereka mencari suaka untuk menghindari kekerasan, kriminal, dan kurangnya kesempatan di negara asal.

Baca juga: Dalam Pesan Natal, Paus Fransiskus Serukan Damai di Yaman dan Suriah

"Tidak ada yang ingin meninggalkan negara mereka, tapi kaum muda El Salvador mencari kesempatan, pekerjaan, dan keamanan," kata seorang mahasiswa bernama Edwin Valiente yang datang ke Panama untuk melihat Paus Fransiskus.

Selama di negara itu, pemimpin Gereja Katolik Roma itu akan menyampaikan pesan kepada kaum muda yang berkumpul untuk merayakan Hari Kaum Muda Sedunia.

Dalam perjalanan pertamanya ke Panama sejak paus sebelumnya pada 1983, Paus Fransiskus disambut oleh Presiden Juan Carlos Varela dan ribuan anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com