Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Tahan Tujuh Tersangka Kasus Penyelundupan Warga Negara Vietnam

Kompas.com - 22/01/2019, 19:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Otoritas Taiwan telah menahan tujuh orang yang diduga terlibat dalam kasus hilangnya 152 warga negara Vietnam yang masuk ke negara itu menggunakan visa turis.

Tujuh orang yang ditahan tersebut termasuk tiga warga Vietnam yang tinggal di Taiwan. Mereka diduga sebagai dalang kasus perdagangan manusia dan melanggar aturan keimigrasian.

"Jaringan tersebut berkolaborasi dengan kelompok perdagangan manusia Vietnam yang beroperasi di Vietnam dan Taiwan."

"Mereka merekrut warga Vietnam untuk datang dan bekerja di Taiwan dengan dalih berwisata," tulis pernyataan pihak kejaksaan Taiwan, seperti dilansir AFP.

Baca juga: Presiden Taiwan Panggil Warganya di Amerika untuk Pulang dan Memilih

Sindikat itu memanfaatkan aplikasi pesan untuk merekrut wanita Vietnam yang akan dipekerjakan sebagai pekerja seks dengan bayaran hingga 3.500 dollar Taiwan (sekitar Rp 1 juta) per transaksi.

"Beberapa dari mereka menjadi korban eksploitasi seks karena bertambahnya hutang dan mematok biaya antara 1.000 hingga 3.000 dollar untuk visa," lanjut laporan kejaksaan.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 152 wisatawan asal Vietnam dilaporkan hilang dan tidak diketahui keberadaannya setelah mereka memasuki Taiwan. Diduga mereka dipekerjakan secara ilegal.

Sebanyak 88 warga Vietnam telah diketahui keberadaannya oleh Badan Imigrasi Nasional, dalam pernyataannya, Selasa (22/1/2019). Sementara sebanyak tiga orang diyakini telah meninggalkan Taiwan.

Mereka terancam sanksi deportasi ditambah larangan memasuki Taiwan selama tiga hingga lima tahun.

Pemerintah Taiwan sebelumnya telah meluncurkan program pariwisata yang membidik wisatawaan dari 16 negara di Asia selatan dan tenggara, serta Australia dan Selandia baru.

Upaya tersebut untuk kembali menggairahkan pariwisata di pulau itu setelah kedatangan dari daratan China terus mengalami penurunan.

Jumlah wisatawan dari China dikabarkan mengalami penurunan drastis menyusul hubungan Taipei dengan Beijing yang terus memburuk.

Baca juga: Otoritas Taiwan Selidiki Keberadaan 152 Turis asal Vietnam yang Hilang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com