Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman akan Larang Maskapai Penerbangan Iran Ini dari Bandaranya

Kompas.com - 21/01/2019, 18:03 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BERLIN, KOMPAS.com - Pemerintah Jerman berencana untuk melarang salah satu maskapai penerbangan Iran dari bandara di negaranya.

Melansir dari AFP, maskapai penerbangan Iran yang dilarang memasuki bandara Jerman adalah Mahan Airlines, sebuah maskapai penerbangan milik swasta yang berbasis di Teheran.

"Badan Penerbangan Federal (LBA) pekan ini akan menangguhkan izin operasi terhadap maskapai penerbangan Iran, Mahan Air," tulis surat kabar Jerman, Sueddeutsche Zeitung, Senin (21/1/2019).

Namun, juru bicara kementerian luar negeri Jerman tidak menginformasikan rincian proses pengambilan keputusan hingga muncul larangan tersebut.

Baca juga: Bamboo Airways, Maskapai Baru Vietnam yang Kini Resmi Mengudara

Mahan Airlines, maskapai penerbangan terbesar kedua di Iran setelah Iran Air, sebelumnya memiliki empat kali penerbangan dalam sepekan antara Teheran dengan Kota Duesseldorf dan Munich di Jerman.

Penangguhan izin operasi maskapai penerbagan Iran di Jerman itu menambah panjang sanksi yang diberikan Uni Eropa terhadap negara di Timur Tengah itu.

Sebelumnya, awal Januari lalu, Uni Eropa telah menjatuhkan sanksi terhadap dinas keamanan Iran dan dua pemimpinnya, yang dituduh telah terlibat dalam serangkaian pembunuhan serta merencanakan serangan terhadap pengkritik Teheran di Belanda, Denmark, juga Perancis.

Sanksi tersebut bertujuan membekukan dana dan aset keuangan milik kementerian intelijen Iran dan sejumlah pejabat individu.

Sementara Mahan Airlines, telah masuk dalam daftar hitam AS sejak 2011, karena dianggap memberi dukungan teknis dan material kepada pasukan elit dari Penjaga Revolusi Iran yang dikenal dengan sebutan Pasukan Quds.

Departemen Keuangan AS telah mendesak dan mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada negara dan perusahaan yang menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan itu, tidak terkecuali sejumlah perusahaan di Jerman.

Baca juga: Thai Lion Air Menyandang Maskapai dengan Pertumbuhan Paling Pesat Sedunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com