Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2019, 08:44 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Konsulat Jenderal RI di Sydney meresmikan Asosiasi Restoran Indonesia (ARI) pada Sabtu pekan lalu (19/1/2019).

Peluncuran di Wisma Indonesia, Rose Bay, itu dihadiri langsung Konsul Jenderal Heru Hartanto Subolo dan Ketua ARI David Tjoe.

Baca juga: Budaya Bereskan Sampah Bekas Makanan Sendiri di Restoran Cepat Saji Lumrah di Luar Negeri

"Disaksikan Ibu Bapak, para tamu undangan, dengan ini kami nyatakan Asosiasi Restoran Indonesia Sydney resmi diluncurkan," kata Heru dan David dalam pidatonya.

Diskusi untuk membentuk ARI dilansanakan pada 10 Desember 2018 di KJRI Sydney, dan didukung antara lain Indonesian Business Council dan Indonesian Diaspora NSW.

Dalam sambutannya, Heru menjelaskan asosiasi itu dibentuk untuk memberdayakan restoran Indonesia dan layanan katering.

"Juga memperkuat dan meningkatkan pangsa kuliner Indonesia di pasar Australia, serta memperluas akses produk makanan dan minuman Tanah Air melalui jaringan restoran," katanya.

Selama bertahun-tahun, restoran Indonesia dia Australia memainkan peranan penting dalam mempromosikan Indonesia di Negeri Kanguru.

Saat ini, dilaporkan terdapat 37 restoran Indonesia di seluruh wilayah kerja KJRI Sydney yang meliputi New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan.

Beberapa restoran maupun katering yang menjadi anggota ARI antara lain Ubud Indonesian Restaurant, Mic Kocok Bandung, maupun My Delight.

Dalam keterangannya, ARI mengundang dan terbuka bagi pelaku industri kuliner Indonesia lain untuk bergabung dan menjadi bagian dari upaya promosi makanan Tanah Air.

Baca juga: Restoran Mi Dingin Khas Korea Utara Tertua di Seoul Terancam Tutup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com