Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanada Akan Beri Perlindungan 24 Jam kepada Gadis Pengungsi Saudi

Kompas.com - 18/01/2019, 09:43 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TORONTO, KOMPAS.com - Rahaf Mohammed Al-qunun, gadis remaja asal Arab Saudi yang kini telah berstatus pengungsi dan mendapat suaka di Kanada dipastikan bakal ditemani penjaga keamanan setiap saat.

Disampaikan badan pengungsi yang berbasis di Toronto, Costi, Rahaf yang telah menjadi perhatian internasional karena menentang keluarganya dan mencari suaka di luar negeri, telah menerima banyak ancaman secara online.

Hal itulah yang kemudian memicu munculnya kekhawatiran atas keselamatan gadis remaja berusia 18 tahun itu. Mereka pun memastikan bahwa dia tidak akan pernah ditinggalkan sendirian.

"Sulit untuk mengatakan seberapa serius ancaman-ancaman itu. Meski begitu kami tetap menanggapinya dengan serius," ujar Mario Calla, direktur eksekutif Costi, Selasa (15/1/2019).

Baca juga: Gadis Saudi yang Kabur Beberkan Kisahnya Dipukuli Ibu dan Kakak

Kisah perjuangan Rahaf dalam mendapat kebebasan telah menarik perhatian dunia, dimulai dari twitnya saat bertahan di kamar hotel bandara di Bangkok, Thailand.

Kampanye dukungan kepada Rahaf pun bermunculan di media sosial dengan tagar #SaveRahaf.

Hal ini lantas menjadi perhatian PBB, yang melalui badan pengungsinya, UNHCR, mendampingi, memberi status pengungsi, dan membantunya mendapatkan suaka dari negara ketiga.

Rahaf pun kini mendapat status pengungsi di Kanada dan kedatangannya di bandara Toronto, Sabtu (12/1/2019) lalu langsung disambut oleh Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland.

Sejak saat itu, Costi membantunya mendapatkan akomodasi jangka panjang, membuka rekening bank, mendapatkan dokumen Kanada, mendaftarkannya ke kelas bahasa Inggris, serta mengajaknya berkeliling dan belajar cara hidup di Kanada.

"Dia (Rahaf) merasa aman karena dia tahu dia berada di negara yang aman. Orang-orang (di sini) memiliki minat terbaik dan berusaha untuk membantunya. Dia telah melihat banyaknya dukungan kepadanya," kata Calla.

Namun demikian, Rahaf mengaku bahwa ancaman secara online yang diposting di media sosial telah menakutinya. "Saat dia membaca postingan itu, emosinya kembali labil," ujar Calla.

Dalam wawancaranya dengan stasiun CBC, pada Senin (14/1/2019), Rahad mengatakan bahwa ketakutan terbesarnya saat ini adalah jika keluarganya menemukan dia.

Baca juga: Gadis Saudi yang Kabur dari Keluarganya Kini Tinggal di Kanada

"Ketakutan terbesar saya adalah jika mereka menemukan saya. Saya akan menghilang. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi setelahnya," kata Rahaf saat itu.

Rahaf pun sebelumnya mengatakan bagaimana keluarganya memperlakukannya dengan keras, dengan penganiayaan fisik, penindasan, dan ancaman akan dibunuh.

"Saya merasa bahwa saya tidak dapat mencapai impian yang saya inginkan selama saya masih berada di Arab Saudi."

"Tapi di Kanada, saya merasa terlahir kembali, terutama karena saya merasakan cinta dan disambut baik," tambah gadis 18 tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com