Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat FDR Jadi Presiden AS Pertama yang Gunakan Pesawat Terbang...

Kompas.com - 14/01/2019, 17:05 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang presiden suatu negara biasanya memiliki perlindungan dan akses ke berbagai tempat dengan berbagai macam penjagaan. Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan kepada orang nomor satu dalam negara tersebut.

Selain itu, presiden juga memiliki akses mudah ke berbagai tempat, baik itu kunjungan kenegaraan atau melakukan kerja sama bilateral tertentu. Tentunya ini harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya.

Untuk menjangkau lokasi yang jauh, biasanya seorang presiden menggunakan pesawat terbang kenegaraan. Bahkan, saat ini sejumlah negara seperti Amerika Serikat punya fasilitas pesawat kepresidenan dengan berbagai fasilitas mumpuni, yaitu Air Force One.

Kondisi ini jauh berbeda dengan puluhan tahun yang lalu ketika perang sedang bergejolak. Pesawat dianggap rawan digunakan presiden, sebab bisa jadi sasaran tembak. Otomatis kapal laut menjadi solusinya.

Dalam catatan sejarah, ada kasus unik saat Presiden AS Franklin Delano Roosevelt (FDR) menjadi Presiden AS yang kali pertama menggunakan pesawat terbang.

Momen itu terjadi pada 14 Januari 1943, saat disepakati adanya Konferensi Casablanca. Konferensi itu menjadi momen saat pihak Sekutu menuntut penyerahan diri tanpa syarat dari musuh-musuhnya dalam Perang Dunia II.

Akhirnya, kota Casablanka di Maroko dijadikan sebagai tempat bertemunya Roosevelt dengan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Wright Bersaudara Terbangkan Pesawat Pertama

Penerbangan pertama

Karena ancaman kapal selam atau u-boat milik Jerman yang menguasai lalu lintas laut di Samudra Atlantik, maka penasehat Roosevelt mengusulkan presiden menggunakan pesawat.

FDR mencatat sejarah baru dalam lingkup kepresidenan AS. Dia tercatat sebagai presiden yang pertama terbang menggunakan pesawat.

Dilansir dari situs airspacemag, penerbangan ini telah direncanakan secara rahasia oleh beberapa pihak. Roosevelt muncul bersama rombongan di pangkalan udara Pan American di Miami.

Dia berangkat dari bandara sejak pagi tanggal 11 Januari 1943, dengan Boeing 314 Flying Boat yang dijuluki Dixie Clipper. Para awak kru terkejut dengan identitas tamu yang ternyata Sang Presiden.

Meskipun di bawah kendali Angkatan Laut AS, pesawat yang digunakan oleh FDR dikemudikan oleh awak sipil Pan American Airways.

Roosevelt dan rombongan meninggalkan Florida, dan mendarat di Karibia. Selanjutnya, dia lanjut terbang menyusuri pantai selatan Amerika Selatan ke Brasil dan kemudian terbang melintasi Atlantik ke Gambia.

Selama di perjalanan, pesawat itu terbang dengan ketinggian 2.438 meter, berhenti beberapa kali selama empat hari untuk mengisi bahan bakar. Ini juga dimanfaatkan penumpangnya untuk beristirahat.

Setelah beberapa hari perjalanannya, pada 14 Januari 1943, rombongan sampai di Casablanca, Maroko.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Kapal Induk Pertama Dunia Mulai Beroperasi

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com