Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Kuat Terjadi di Toko Roti Paris, 2 Pemadam Kebakaran Tewas

Kompas.com - 12/01/2019, 20:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Otoritas Paris, Perancis, menyatakan terdapat korban jiwa dalam ledakan di sebuah toko roti Sabtu pagi (12/1/2019).

Diwartakan AFP, Kantor Jaksa Penuntut Paris menjelaskan dua orang anggota pemadam kebakaran tewas dalam ledakan di Toko Roti Hubert, kawasan Rue de Trevise.

"37 orang lainnya mengalami luka dengan 10 di antaranya berada dalam kondisi serius," demikian pernyataan kantor jaksa.

Baca juga: Ledakan Kuat di Toko Roti Paris, 12 Orang Terluka Serius

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner menuturkan empat orang, dua anggota pemadam kebakaran dan dua warga sipil, menjadi korban tewas.

Namun diberitakan The Guardian, jumlah korban tewas itu kemudian direvisi oleh polisi dan segera dikonfirmasi Kementerian Dalam Negeri dalam twit.

Jaksa Penuntut Remy Heitz menyatakan penyelidikan untuk menentukan penyebab pasti ledakan di toko roti tersebut telah dilaksanakan.

Dari laporan awal, ledakan di toko roti itu berasal dari kebocoran gas. Apalagi, seorang warga yang menolak disebutkan namanya mengaku mencium bau gas.

Warga itu berujar, tetangganya menelepon polisi karena dia mencium bau gas yang kuat di pagi hari. Lima petugas datang dan meminta mereka untuk diam di apartemen,

"Tak lama setelah itu, ledakan terjadi, Insiden itu membuat kami tidak mempunyai apa-apa lagi di apartemen kami. Tidak ada," keluhnya.

Ledakan di Toko Roti Hubert itu terjadi pada pukul 09.00 waktu setempat, dan terdengar oleh warga maupun pekerja hingga beberapa blok jauhnya.

"Saya sedang tidur dan terbangun karena ada suara ledakan," kata Claire Sallavuard yang tinggal di Rue seperti dikutip AFP.

Dia menceritakan jendela apartemennya hancur, bahkan pintu kamarnya terlepas dari engsel. "Saya keluar dan mencari anak-anak yang begitu panik," tuturnya.

Warga lain yang bernama Killian kepada BFMTV berkata dia juga tertidur ketika ledakan terjadi, dan bergegas ke bawah di mana dia mendengar jeritan orang-orang.

Sementara resepsionis Hotel Diva Paula Nagui menuturkan ledakan itu membuat jendela bergetar dan para tamu panik.

"Saya harus menenangkan mereka dan meyakinkan bahwa insiden itu bukan merupakan aksi teror," terang Nagui kepada Le Parisien.

Baca juga: Terlihat Bekas Ledakan Molotov di Teras Rumah Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com