Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal Suriah Kembali Hantam Rudal Israel di Damaskus

Kompas.com - 12/01/2019, 10:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Militer Suriah mengatakan, sistem pertahanan mereka mampu mencegat sebagian besar serangan udara yang dilakukan Israel.

Media pemerintah Suriah SANA melaporkan, jet tempur Israel menembakkan rudal yang memicu aktifnya sistem pertahanan Suriah Jumat pukul 23.00 waktu setempat (11/1/2019).

Baca juga: Rudal Suriah Hantam Rudal Israel di Dekat Damaskus

Diwartakan AFP, pejabat militer anonim Suriah menuturkan sebagian besar rudal Israel itu bisa dicegat oleh sistem rudal mereka.

"Sebagian rudal lain menghantam gudang kementerian transportasi yang terletak di Bandara Internasional Damaskus," ujar sumber itu.

SANA merilis video yang diyakini sebagai momen ketika serangan terjadi, dengan suara ledakan terdengar di salah satu video.

Mengutip pejabat kementerian transportasi, SANA memberitakan bahwa operasional Bandara Damaskus berjalan normal pasca-serangan udara itu.

Adapun dalam laporan sebelumnya, SANA menyatakan bahwa sistem rudal Suriah telah melakukan serangan ke "target musuh".

Israel telah melaksanakan sejumlah serangan udara ke Suriah dengan mengklaim mereka menargetkan fasilitas militer yang ada hubungannya dengan Iran.

Kebanyakan dari fasilitas baik milik Iran maupun kelompok Hezbollah itu dilaporkan berada di kawasan selatan Damaskus.

"Dua area yang menampung fasilitas militer Iran dan Hezbollah diserang," ujar Observasi HAM Suriah dalam keterangan resmi.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah bersumpah tidak akan membiarkan Iran yang dikenal sebagai sekutu Presiden Bashar al-Assad memasuki Suriah.

Pada 25 Desember, Assad menuduh jet tempur Israel telah menembakkan rudal ke Damaskus. Adapun pada September, pesawat militer Rusia tak sengaja ditembak Suriah.

Sistem pertahanan Suriah bereaksi setelah jet tempur Israel menjadikan pesawat militer itu sebagai perisai untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Rusia Kecam Serangan Rudal Israel ke Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com