Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JPO di Berbagai Negara dengan Desain Unik, Salah Satunya di GBK

Kompas.com - 10/01/2019, 15:02 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Beberapa hari mendatang, jembatan penyeberangan orang (JPO) di dua titik Jakarta akan segera diresmikan dan dapat difungsikan. Dua jembatan ini dibangun dengan desain yang berbeda dari kebanyakan JPO di Jakarta.

Terletak di kawasan Senayan dan Gelora Bung Karno, dua JPO baru menyita perhatian publik Ibukota khususnya, karena memiliki desain yang modern.

Selain dimudahkan dalam hal menyeberangi jalanan yang padat, pengguna juga dimanjakan dengan arsitektur bangunan juga pemandangan yang ada di sekitar JPO tersebut.

Tidak hanya di Jakarta, JPO dengan desain unik dan modern juga terdapat di berbagai negara, misalnya 5 berikut ini.

JPO Gelora Bung Karno

Revitalisasi jembatan penyeberangan orang Gelora Bung Karno di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Revitalisasi jembatan penyeberangan orang Gelora Bung Karno di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.
JPO yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno, merupakan satu dari tiga JPO yang diprioritaskan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk segera dibangun.

Model jembatan ini menggunakan ornamen-ornamen berbentuk segi empat berwarna putih yang dipasang secara spiral di sepanjang JPO.

Saat ini, bangunan JPO sudah terlihat berdiri namun belum rampung pengerjaannya.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada awal bulan kemarin menyampaikan penyelesaian JPO masih terkenala masalah teknis.

Namun, Anies berharap JPO berkonsep modern kekinian yang ada di GBK ini dapat segera di buka di pertengahan Januari ini.

Baca juga: Menengok JPO Bundaran Senayan yang Instagramable

Henderson Wave, Singapura

Henderson Waves di Singapura.Goasean.com Henderson Waves di Singapura.
Beranjak ke negara tetangga, Singapura juga memiliki sebuah JPO dengan desain yang modern dan menarik, bernama Henderson Wave.

JPO ini dibangun di atas ketinggian 36 meter di atas permukaan tanah, melewati Henderson Road di bawahnya dengan konsep gelombang yang meliuk.

Meskipun terlihat modern, namun hampir sebagian besar material yang digunakan untuk membangun jembatan ini menggunakan bilah kayu Balau. Jenis kayu ini hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara.

Di jembatan yang menghubungkan dua bukit ini, masyarakat bisa beraktivitas bersama orang-orang terdekat, mulai dari jalan santai, jogging, maupun sekadar menikmati suasana sekitar yang masih asri  dipenuhi pepohonan.

Di kejauhan, deretan gedung pencakar langit juga terlihat, menabah keindahan panorama yang bisa dinikmati dari jembatan sepanjang 274 meter ini.

Hal itu karena desain dari jempatan ini berbentuk ceruk, jadi ada separuh bagian bermodel terbuka, sementara bagian lain beratap dan terdapat ruang untuk duduk atau sekedar beristirahat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com