Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi-bagi Uang hingga Rp 12,9 Miliar, Pengusaha Jepang Cetak Rekor "Retweet"

Kompas.com - 09/01/2019, 18:50 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seorang musisi rock asal Jepang yang kemudian menjadi pengusaha e-commerce, Yusaku Maezawa (43), menjanjikan give away atau hadiah 100 juta yen atau Rp 12,9 miliar kepada netizen yang me-retweet unggahannya di Twitter.

Tak ada yang menyangka bahwa twit itu akan memecahkan rekor retweet sepanjang hadirnya Twitter. Jumlah retweet-nya mencapai 5,6 juta.

Lalu bagaiman kisah ini bermula?

Maezawa adalah pendiri retail fesyen online terbesar di Jepang bernama ZOZO. Dia merasa perlu berterima kasih karena bisnisnya melonjak pesat tahun ini.

Karena itu, dia menulis twit dalam bahasa Jepang, yang menjanjikan akan memberi hadiah kepada orang yang telah me-retweet unggahannya.

Ia menuliskan tweetnya menggunakan aksara Jepang yang kurang lebih jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

"Penjualan ZOZO di liburan akhir tahun 2018 merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah, yakni mencapai 10 miliar yen. Saya ucapkan terima kasih dengan memberikan 100 juta yen [jumlah total dibagi kepada 100 orang terpilih] secara tunai. Untuk mendaftar, cukup ikuti akun saya dan retweet unggahan ini. Pendaftaran dibuka sampai 7 Januari, setelah itu saya akan DM langsung pemenang," tulisnya.

Baca juga: Traveloka Beri Tiket Gratis ke Raja Ampat Jika Pria Ini Kumpulkan 100.000 Retweet

Tweet tersebut diunggah pada Sabtu (5/1/2019). Pada Senin, dia sudah melampaui jumlah retweet yang sebelumnya dipegang Carter Wilkerson, pemuda AS yang minta suplai nugget ayam Wendy's, yaitu 3,5 juta retweet.

Sebelum give away senilai milyaran rupiah ini, sosok Maezawa pernah menjadi pemberitaan heboh international.

Ia dikabarkan sudah membeli tiket untuk melakukan perjalanan keliling bulan menggunakan wahana angkasa milik SpaceX pada 2023.

Berdasarkan data Forbes Real-Time Rankings, kekayaan bersih Maezawa senilai 2 miliar dollar AS berasal dari 36 persen sahamnya di ZOZO yang diperdagangkan di Tokyo Stock Exchange.

Akan tetapi, dalam kuartal kedua tahun 2018 saham mengalami penurunan yang cukup signifikan mencapai 57 persen. Terjadi penurunan laba perusahaan dan penundaan produksi saat itu.

Jadi ada spekulasi yang menyebut twit yang dibuat Maezawa merupakan gimmick pemasaran untuk meningkatkan penjualan ZOZO.

Baca juga: Miliarder Jepang Jadi Turis Pertama SpaceX ke Bulan

Maezawa dikenal sebagai sosok yang gemar menghabiskan uangnya untuk berlibur dan melakukan hal-hal menyenangkan, misalnya bagi-bagi uang secara acak dan merencanakan perjalanan ke bulan.

Itu yang membedakan Maezawa dengan sosok orang terkaya lainnya di seluruh dunia. Namun, hal ini memberi keuntungan tersendiri baginya, karena namanya menjadi kerap dipublikasikan oleh berbagai media besar internasional.

ZOZO adalah usaha yang ia mulai pada 1998 dan berkembang hingga saat ini. Hal itu ia lakukan setelah upayanya menjadi pemain drum untuk band punk rock di California tidak berjalan mulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com