Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral di AS, Begini Tantangan "Bird Box" yang Diklaim Berbahaya

Kompas.com - 03/01/2019, 16:39 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Fox News,ABC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Film orisinal Netflix yang dibintangi aktris Sandra Bullock, Bird Box, tidak hanya membuat banyak warganet membagikan meme, tapi juga sebuah tantangan media sosial yang viral.

Fox News mengabarkan, tantangan "Bird Fox" terinspirasi dari jalan cerita film bergenre thriller tersebut.

Berlatar belakang pasca-apokaliptik, film itu menceritakan orang-orang harus memakai penutup mata untuk memblokir dunia luar dan mencegah dirasuki setan.

Baca juga: Cabut Komedi Satire soal Khashoggi, Netflix Dikritik Aktivis HAM

Malorie, yang diperankan oleh Bullock, kemudian membawa dua anak dalam perjalanan dengan mata terturup untuk mencapai tempat perlindungan.

Film yang dirilis pada Desember 2018 ini memicu warganet membuat tantangan "Bird Box", yaitu melakukan kegiatan sehari-sehari dengan mata tertutup.

Menggunakan tagar #BirdBoxChallenge, pengguna media sosial mengunggah foto dan video mereka beraktivitas seperti menggunakan eskalator, mengoperasikan skuter di dalam ruangan dan menari tanpa melihat.

Banyak dari video yang beredar menunjukkan orang-orang menabrak atau terjatuh. Sejauh ini, belum ada laporan luka serius akibat tantangan tersebut.

Meski demikian, perusahaan layanan streaming itu pada Rabu (2/1/2019) mengeluarkan peringatkan kepada penontonnya untuk tidak melakukan tantangan Bird Box.

"Tidak percaya harus bilang seperti ini, tapi mohon jangan menyakiti diri Anda dengan tantangan Bird Box," tulis manajemen Netflix US di Twitter.

Baca juga: Diprotes Saudi, Netflix Cabut Episode Komedi yang Sindir Kasus Khashoggi

"Berharap kalian tidak berakhir di rumah sakit karena meme-meme ," imbuhnya.

"Bird Box" menjadi film yang paling banyak ditonton di Netflix dalam 7 hari semenjak rilis.

"Membuka penutup mata pagi ini untuk mengetahui bahwa 45.037.125 akun Netflix sudah menyaksikan 'Bird Box', terbaik pertama dalam 7 hari untuk sebuah film Netflix," kicaunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News,ABC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com