Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Hiburan Pertama Segera Dibuka di Riyadh

Kompas.com - 03/01/2019, 15:53 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Arab News

RIYADH, KOMPAS.com - Sebuah kompleks hiburan berskala masif segera dibuka di Riyadh, Arab Saudi sebagai bagian dari sebuah proyek bernilai miliaran dolar AS.

Kompleks seluas 100.000 meter persegi itu dikembangkan Saudi Entertainment Ventures Company (SEVEN), salah satu unit dari dana investasi publik Arab Saudi (PIF).

"Proyek ini akan menyajikan sebuah desain modern dan yang pertama di Arab Saudi dengan kawasan hijau terbuka untuk aktivitas olah raga dan pertunjukan," kata Direktur SEVEN, Abdullah bin Nasser Al-Dawoud.

Baca juga: Hari Ini, Bioskop Pertama di Arab Saudi Putar Black Panther

Al-Dawoud menambahkan, pihaknya bertujuan menciptakan daerah tujuan wisata tempat keluarga menikmati piknik, kesenian, bersantai, dan udara segar.

Dalam beberapa tahun terakhir negara-negara Teluk menarik minat para investor global untuk membangun taman-taman bermain.

Daya tarik ini didorong dengan daya beli masyarakat yang tinggi dan semakin meningkatkanya koneksi transportasi antara negara Teluk.

Salah satu proyek taman bermain terbaru adalah milik Warner Bros di Abu Dhabi bernilai 1 miliar dolar AS dan dibuka pada Juli lalu.

SEVEN didirikan tahun lalu dengan modal awal sebesar 2,67 miliar dolar AS atau sekitar Rp 38,5 triliun.

Di masa awal, SEVEN menggunakan jasa mantan eksekutif Disney, Bill Ernest yang berpengalaman mengelola berbagai taman bermain Disney di Asia.

Nantinya, SEVEN berencana membangun 20 pusat hiburan di seluruh Arab Saudi untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja di sektor jasa.

Baca juga: Bioskop Perdana di Arab Saudi Bakal Putar Film Black Panther

Selain itu, pemerintah Arab Saudi berusaha mengembangkan sektor perekonomian baru dan mengurangi ketergantungan dari minyak bumi.

PIF berhrap proyek-proyek ini nantinya bisa mendatangkan lebih dari 50 juta wisatawan setahun, menciptakan 22.000 lapangan kerja, dan menghaslkan 2 miiar dolar AS pada 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com