Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INFOGRAFIK: Wilayah Paling Cepat dan Paling Lambat Memasuki 2019

Kompas.com - 01/01/2019, 10:31 WIB
Akbar Bhayu Tamtomo,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bentuk bumi yang bulat dan rotasi menyebabkan terjadinya siang dan malam yang dialami berbeda di berbagai tempat. Hal ini juga yang menyebabkan munculnya zona waktu, sehingga terjadinya pergantian tahun juga dirasakan berbeda di bumi.

Ada sejumlah wilayah yang lebih dulu merasakan pergantian tahun. Misalnya, masyarakat Sydney akan lebih dulu merasakan 2019, ketimbang yang berada di Jakarta, Hong Kong, atau New York.

Namun, wilayah yang merasakan tahun baru terlebih dulu ada di kawasan Oseania. Republik Kiribati, Tonga, dan Samoa menjadi wilayah yang paling awal merasakan tahun baru.

Menariknya, wilayah yang paling lambat merasakan tahun 2019 juga berada tak jauh dari negara yang tercepat menyambut 2019.

Pulau Baker dan Pulau Howland yang tercatat sebagai bagian dari Amerika Serikat menjadi wilayah yang paling lambat memasuki 2019.

Berikut infografiknya: 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tahun Baru Tercepat dan Terlambat Pada 2019

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com