Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di China Kembangkan "Seragam Pintar" untuk Awasi Siswanya

Kompas.com - 28/12/2018, 15:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Sekolah di China dilaporkan mulai mengembangkan seragam yang bisa digunakan untuk melacak setiap siswanya.

Dilaporkan London Evening Standard Kamis (27/12/2018), 10 sekolah di Provinsi Guizhou dan Guangxi Zhuang mengembangkan "seragam pintar" itu.

Baca juga: Sekolah Ini Pasang Kamera untuk Awasi Siswa yang Malas Belajar

Misalnya adalah Sekolah Nomor 11 di Renhuai. Kepala Sekolah Lin Zongwu berkata, seragam itu membuat sekolah bisa mendapatkan data kapan siswa masuk dan pulang sekolah.

"Nantinya, data kehadiran siswa tersebut bakal diserahkan juga kepada orangtua," tutur Lin seperti dikutip media lokal Global Times.

Teknologi pengenal wajah juga diberlakukan untuk memastikan seragam tersebut dikenakan oleh siswa bersangkutan, dan menghindari kecurangan sistem.

Lin melanjutkan, jika seorang siswa tidak berada di kelas saat jam pelajaran berlangsung, maka alarm bakal memberi keterangan kepada guru dan orangtua.

Sementara jika siswa meninggalkan sekolah tanpa izin, maka seragam itu bakal mengaktifkan alarm suara untuk memperingatkan sekolah.

Alarm juga bakal aktif jika siswa ketahuan tertidur di kelas. Orangtua juga bisa memonitor apa saja belanja anak mereka, dan bisa mengatur batas pengeluaran si murid.

Seragam pintar itu dilaporkan dibuat oleh perusahaan teknologi Guizhou Guanyu. Manajer proyek Guanyu Yuan Bichang berujar, chip GPS dipasang di bagian bahu.

Dia menjelaskan chip itu bisa menahan suhu hingga 150 derajat Celsius dan tetap berfungsi meski dicuci lebih dari 500 kali.

Dalam keterangan resmi di Weibo, Guanyu menuturkan seragam itu berfokus kepada isu keselamatan dan menyediakan manajemen pintar bagi murid, guru, dan orangtua.

Dilansir ABC News, seragam itu menimbulkan sikap kontra dari netizen yang menyoroti murid berhak mempunyai privasi dan HAM.

"Jika Anda adalah anak-anak, apakah Anda bersedia untuk dimonitor selama 24 jam penuh?" tanya netizen di Weibo dengan nama Sanggui_Sunny.

Ini bukan kali pertama teknologi dipakai di sekolah China untuk mengawasi setiap muridnya selama mereka belajar.

Pada Mei, sebuah sekolah di Hangzhou telah memasang kamera untuk memantau setiap pergerakan murid selama mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: Buka Lowongan Guru, Sekolah di China Wajibkan Pelamar Berijazah PhD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com