Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Amatir di Inggris Ungkap Air Force One yang Bawa Trump ke Irak

Kompas.com - 28/12/2018, 13:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SHEFFIELD, KOMPAS.com - Sebuah foto amatir memperlihatkan pesawat kepresidenan Amerika Serikat Air Force One yang mengangkut Donald Trump saat berkunjung ke Irak terbang di langit Inggris.

Alan Meloy, seorang warga biasa di kawasan Sheffield, sedang berdiri di luar rumah pada Boxing Day (26/12/2018) ketika dia melihat sebuah jet jumbo.

Baca juga: Kunjungan ke Irak, Trump Sebut AS Tak Bisa Lagi Jadi Polisi Dunia

"Itu adalah momen teraneh jika Anda berada di tempt dan waktu yang tepat. Fajar di Sheffield saat itu begitu cerah," kata Meloy dilansir The Guardian Kamis (27/12/2018).

Penasaran, pria yang tertarik pada pesawat dan kereta itu lantas mengambil kamera beserta lensa panjangnya, dan memotret obyek tersebut.

Dia lalu mengunggahnya ke internet untuk menambah daftar koleksi pesawat yang sudah dipotretnya ketika memperhatikan ada yang berbeda.

Meloy berkata dia bisa melihat bintang dan kotak dan bendera berukuran besar pada bagian ekor, dan mengenalinya sebagai VC-25.

VC-25 merupakan salah satu dari dua pesawat berwarna biru pastel, modifikasi dari Boeing 747 yang dikenal sebagai pesawat Presiden AS atau Air Force One.

"Saya belum pernah melihat Air Force One di langit Yorkshire Selatan sejak 2005. Itu bukan sesuatu yang bisa Anda lihat secra rutin," terang Meloy.

Dia segera mengunggah foto bersejarah itu ke situs berbagi foto Flickr, dan segera menjadi tren di antara komunitas penggemar pesawat.

Beberapa menggabungkannya dengan data pencarian pesawat yang biasanya menunjukkan sebuah penerbangan militer misterius, dan menyimpulkan Trump sedang berkunjung ke Timur Tengah secara rahasia.

Foto itu menjadi viral beberapa jam sebelum Trump mendarat di Irak, dan memaksa Gedung Putih untuk mengumumkan kunjungan tersebut.

Meloy mengaku dia begitu kaget setelah fotonya menjadi viral. Dilansir BBC, dia berkata sudah mendapat undangan wawancara dari tiga televisi AS.

Dengan merendah, dia mengatakan berkesempatan memotret Air Force One karena saat itu cuaca maupun langit sedang mendukung.

"Saya menengadah ke atas dan setelah melihat 'sesuatu yang bersinar', saya langsung mengambil gambarnya. Saat itu, langit sangat cerah," terangnya.

Kunjungan Trump ke Irak merupakan yang pertama semenjak dia memenangkan Pilpres AS pada 2016, dan terjadi setelah dia mengumumkan rencana penarikan pasukan dari Suriah.

Baca juga: Trump Unggah Video Berisi Wajah Anggota Navy SEAL di Twitter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com