Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veteran PD II Sekaligus Pria Tertua di AS Meninggal di Usia 112 Tahun

Kompas.com - 28/12/2018, 13:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

AUSTIN, KOMPAS.com - Richard Arvin Overton, veteran Perang Dunia II sekaligus pria tertua di Amerika Serikat meninggal di usia 112 tahun, pada Kamis (27/12/2018).

Overton meninggal dunia di fasilitas rehabilitasi di Austin. Sebelum meningal, dia sempat dirawat di Pusat Medis St David selama sepekan, kemudian dibawa ke fasilitas rehabilitasi saat malam Natal, Senin (24/12/2018).

"Dia meninggal pada Kamis malam di fasilitas rehabilitasi di Austin," ujar sepupunya, Volma Overton Junior, seperti dilansir The Austin Statesman.

Overton, yang lahir di St Mary di Bastrop County, pada 11 Mei 1906, bergabung dengan Angkatan Darat pada 1942, sembilan bulan setelah peristiwa Pearl Harbour.

Baca juga: Veteran Tertua Penyintas Serangan Pearl Harbor Meninggal di Usia 106

Dia bergabung dengan militer selama tiga tahun dan sempat dikirim dalam pertempuran di wilayah Pasifik.

Overton tercatat pernah turun dalam peperangan di Guam, Okinawa, dan Iwo Jima. Pada 1945, setelah Perang Dunia II usai, dia pun meninggalkan militer.

Selama 72 tahun terakhir dalam masa hidupnya, Overton tinggal di Austin Timur dan dia telah sangat dikenal oleh para tetangganya, yang menganggapnya sebagai sosok yang ramah dan mudah bergaul.

Dalam beberapa kali perayaan ulang tahunnya, Overton mengundang semua orang untuk datang ke rumahnya.

Setelah kembali dari medan perang, Overton sempat bekerja di sebuah toko furnitur. Dia kemudian mendapat pekerjaan di kantor keuangan negara di Texas.

Meski telah berusia lebih dari 100 tahun, hingga tahun-tahun terakhir kehidupannya, Overton masih dikenal warga dengan kebiasaannya sekaligus hobinya meminum segelas wiski dan merokok di beranda rumahnya.

Pada tahun 2013, Overton sempat mendapat undangan dari Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Barack Obama dan wakilnya Joe Biden.

Di tahun yang sama, Dewan Kota Austin mengumumkan hari ulang tahunnya sebagai "Hari Richard A Overton" dan namanya diabadikan menjadi sebuah jalan di depan kediamannya.

Baca juga: Apa Rahasia Umur Panjang Masazo Nonaka, Pria Tertua di Dunia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com