Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Berniat Seberangi Samudra Atlantik Menggunakan Tong

Kompas.com - 27/12/2018, 14:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

PARIS, KOMPAS.com - Seorang pria Perancis berniat untuk menyeberangi Samudra Atlantik menggunakan kapsul berbentuk tong.

Dilansir AFP via BBC Rabu (26/12/2018), pria bernama Jean-Jacques Savin itu dilaporkan telah meninggalkan El Hierro di Kepulauan Canary Spanyol.

Baca juga: Kerangka Manusia Dicor Dalam Tong di Pinggir Bengawan Solo

Dalam wawancara via telepon, Savin berharap bisa mencapai Karibia dalam waktu tiga bulan dengan bermodalkan arus Atlantik.

"Cuacanya sangat bagus. Saya mendapat gelombang setinggi satu meter yang membuat tong ini bergerak 2-3 km per jam," tutur Savin.

"Untuk saat ini, kapsul saya berada dalam kondisi baik dan saya memprediksi bakal mendapat angin bagus hingga Minggu (30/12/2018)," lanjutnya.

Savin berkata, dia memulai proses pengerjaan kapsul berbentuk tong itu selama beberapa bulan di galangan kapal kecil bernama Ares di barat daya Perancis.

Kapsul itu mempunyai panjang tiga meter dan lebar 2,1 meter, dan terbuat dari kayu lapis bercampur resin untuk menahan gelombang dan serangan dari paus orca.

Di dalam kapsul dengan bobot kosong 450 kg adalah ruangan seluas enam meter persegi yang sudah termasuk dapur, ruang penyimpanan, serta tempat tidur.

Pria 71 tahun itu memasang jendela di bagian bawah kapsulnya untuk memungkinkannya melihat ikan yang sedang melintas.

Mantan anggota penerjun payung itu berkata dana untuk melaksanakan ekspedisinya adalah 60.000 euro (atau 996,2 juta) dengan sebagian tertutup dari kampanye penggalangan dana.

Dia yakin arus Atlantik bakal membawanya sejauh 4.500 km ke Karibia dengan perkiraan tebaiknya adalah Barbados, meski Savin mengaku dia ingin mendarat di Martinique atau Guadaloupe.

"Sebab untuk mengurus dokumen perizinannya cukup mudah sekaligus membawa tong saya ini kembali," kata pria yang bekerja sebagai pilot dan polisi hutan itu.

Dia menjelaskan selama perjalanan, dia bakal memberi tanda untuk membantu para ahli kelautan untuk mempelajari perkembangan Atlantik terkini.

Savin juga berniat melakukan penelitian soal dirinya sendiri tentang efek kesendirian ketika berada dalam ruangan tertutup.

Selain itu, dia juga membawa satu botol wine Bordeaux untuk dibandingkan dengan yang disimpan di darat dan melihat efeknya saat berada di lautan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Marconi Mengirim Sinyal Radio Pertama Lintasi Atlantik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com