Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Korea Selatan Sampaikan Belasungkawa atas Korban Tsunami Selat Sunda

Kompas.com - 24/12/2018, 20:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyampaikan ucapan belasungkawa atas bencana tsunami yang terjadi di Selat Sunda, Indonesia, pada Sabtu (22/12/2018).

Melalui surat yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, melalui Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Moon mengharapkan masyarakat Indonesia dapat segera mengatasi situasi saat ini.

"Saya menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas terjadinya bencana alam tsunami di Selat Sunda yang mengakibatkan banyaknya korban meninggal dunia," kata Presiden Moon dalam keterangan tertulis melalui Kedutaan Besar Korea Selatan, Senin (24/12/2018).

Baca juga: Tsunami Selat Sunda, Trump dan Putin Sampaikan Dukungan bagi Indonesia

Presiden Moon, mewakili seluruh masyarakat dan pemerintahan Korea Selatan, mengaku turut merasakan duka yang dialami masyarakat Indonesia, khususnya para korban dan keluarga yang terdampak musibah.

"Semoga masyarakat Indonesia dapat segera mengatasi situasi saat ini dan kembali bangkit dari kesedihan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo," tambah pernyataan Moon.

Sebelumnya, ucapan duka cita dan belasungkawa juga telah disampaikan sejumlah pemimpin dunia, termasuk Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Rusia juga bersedih terhadap negara sahabat, Indonesia," katanya seperti dikutip dari TASS.

"Saya menyampaikan simpati dan dukungan yang tulus kepada kerabat dan teman-teman yang tewas dan berharap pemulihan cepat bagi yang terluka dalam bencana alam ini," imbuhnya.

Tak hanya ucapan belasungkawa, sejumlah negara juga telah menyatakan kesediaannya untuk turut memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana.

Di antaranya datang dari Malaysia, Australia dan juga Singapura.

"Malaysia siap untuk memberikan bantuan guna meringankan beban saudara-saudari kami di Indonesia," ujar Wakil Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail melalui akun Twitter-nya.

Baca juga: Palang Merah Singapura akan Beri Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com