Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palang Merah Singapura akan Beri Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Kompas.com - 24/12/2018, 15:32 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Organisasi kemanusiaan Palang Merah Singapura (SRC) menjanjikan pemberian bantuan kemanusiaan kepada korban bencana tsunami di Indonesia akhir pekan lalu.

Bencana tsunami yang melanda kawasan di sekitar Selat Sunda, pada Sabtu (22/12/2018) malam, telah menimbulkan hingga 200 lebih korban tewas dan ribuan warga mengungsi.

Melalui akun media sosial Facebook-nya, SRC mengumumkan akan memberikan bantuan kemanusiaan senilai 50.000 dollar Singapura (sekitar Rp 500 juta) kepada para korban yang terdampak bencana.

Baca juga: Tsunami Selat Sunda, Ini Tokoh Dunia yang Ungkapkan Duka di Medsos

SRC mengharapkan untuk bisa berkontribusi dalam mendukung upaya pemulihan pasca-bencana dan menyediakan serta mendistribusikan barang-barang kebutuhan pengungsi, seperti selimut, alas tidur, perkakas rumah tangga, hingga sistem penyatingan air.

SRC akan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga telah memulai upaya pencarian dan penyelamatan korban.

"SRC akan tetap berkomunikasi dengan PMI dan mitra-mitranya di Indonesia, serta telah menyiagakan tim tanggap lanjutan beranggotakan dua orang untuk pendistribusian bantuan dan penilaian di lapangan," kata organisasi kemanusiaan itu dalam pernyataannya.

"Kami akan memberangkatkan tim dalam satu atau dua hari mendatang untuk membantu PMI dalam melaksanakan tugasnya," tambah pernyataan itu.

Sekretaris Jenderal, sekaligus CEO SRC, Benjamin William menyatakan, prioritas organisasi saat ini adalah mendukung upaya PMI dalam memberikan bantuan yang dibutuhkan para korban, serta pengungsi.

Selain SRC, organisasi kemanusiaan non-pemerintah, Mercy Relief, yang bermarkas di Singapura, juga tengah berkomunikasi dengan mitranya di lapangan untuk melakukan pemantauan situasi secara cermat.

"Kami siap membantu jika diperlukan," tulis organisasi itu dalam pernyataannya, seperti dikutip Channel News Asia.

Data sementara hingga Senin (24/12/2018) pukul 07.00 WiB, mencatat jumlah korban akibat tsunami di Selat Sunda sebanyak 281 meninggal, 1.016 luka-luka, 57 orang dilaporkan hilang, dan 11.687 warga mengungsi.

Baca juga: Tsunami Selat Sunda, Trump dan Putin Sampaikan Dukungan bagi Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com