Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Penembakan Pasar Natal Strasbourg Bersumpah Setia kepada ISIS

Kompas.com - 24/12/2018, 15:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

STRASBOURG, KOMPAS.com - Pelaku penembakan pasar Natal di Strasbourg, Perancis, dilaporkan mengucapkan sumpah setia kepada Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pelaku yang Cherif Chekatt menembaki pengunjung pasar Natal yang berada di dekat Place Kleber yang menjadi atraksi pariwisata Selasa (11/12/2018) pukul 20.00 waktu setempat.

Baca juga: ISIS Klaim Pelaku Penembakan Pasar Natal Strasbourg adalah Tentaranya

Serangan tersebut menewaskan lima orang dan melukai 12 pengunjung lainnya. Adapun Chekatt tewas ditembak polisi dua hari kemudian (13/12/2018).

Dilansir The Independent Minggu (23/12/2018), otoritas penegak hukum Perancis menemukan USB ketika menggeledah rumah Chekatt.

"Dalam USB tersebut, terdapat video yang memperlihatkan dia bersumpah setiap kepada kelompok itu," terang sumber dari kepolisian.

Segera setelah Chekatt ditembak, ISIS melalui media propagandanya Amaq menyebut pria 29 tahun itu sebagai "tentara" mereka.

Namun klaim ISIS dibantah Menteri Dalam Negeri Perancis Christophe Castaner yang menyebut mereka hanya memanfaatkan kesempatan untuk mengklaim.

Chekatt dilaporkan mempunyai catatan 27 perbuatan kriminal di Perancis, Jerman, dan Swiss, serta menjadi radikal selama dalam penjara.

Dia masuk ke dalam daftar "S", yang artinya berpotensi menjadi ekstremis, dan sudah berada dalam pantauan polisi sejak 2015.

Selain menembak mati Chekatt, polisi juga menangkap lima orang, termasuk di antaranya orangtua Chekatt dan dua saudara laki-lakinya.

Ayah Chekatt, Abdelkarim, membantah putranya sengaja merencakan serangan itu, dan mengaku dia berusaha mencegah anaknya menjadi radikal.

Abdelkarim mengaku dia bertemu Chekatt tiga hari sebelum kejadian. Kantor Jaksa Penuntut Perancis berujar, keempatnya dibebaskan karena tak cukup bukti.

Baca juga: Perancis Bantah Klaim ISIS soal Pelaku Penembakan Pasar Natal Strasbourg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com