Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon: Perintah Menarik Pasukan dari Suriah Sudah Ditandatangani

Kompas.com - 24/12/2018, 14:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek,AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) menyatakan surat perintah penarikan pasukan dari Suriah telah ditandatangani.

Pengumuman pemulangan pasukan AS dari Suriah yang telah dilanda konflik selama tujuh tahun terakhir telah mengagetkan baik politisi AS maupun sekutunya.

Baca juga: Iran: Sejak Awal, Keberadaan Pasukan AS di Suriah Sudah Salah

"Perintah eksekusi terkait keberadaan personel di Suriah sudah diteken," kata seorang juru bicara Pentagon kepada AFP Senin (24/12/2018).

Presiden Donald Trump mengumumkan bakal memulangkan pasukan AS di Suriah setelah sebelumnya mendeklarasikan kemenangan atas Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Trump dalam Twitter-nya menyatakan dia sudah berdiskusi dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui sambungan telepon.

Dia dan Erdogan berkoordinasi secara hati-hati untuk menarik pasukan AS di kawasan tersebut. "Setelah bertahun-tahun akhirnya mereka bisa pulang," katanya.

Sementara kantor kepresidenan Turki mengeluarkan pernyataan kedua pemimpin sepakat menghindari kekosongan kekuatan yang bisa menyulut konflik baru di Suriah.

Sikap Trump memantik reaksi dari pakar Kurdi Mutlu Civiroglu. Dia berujar ketika pasukan AS mundur, maka Turki bakal melancarkan operasi militer menargetkan Kurdi.

"Jika itu terjadi, pertumpahan darah bakal kembali terjadi," Civiroglu memperingatkan. Keluhan juga datang dari Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Dalam konferensi pers saat kunjungan ke Chad. Macron mengungkapkan kekecewaan dan penyesalan atas keputusan presiden 72 tahun tersebut.

"Menjadi sekutu adalah bertarung sambil melindungi temannya. Itu adalah hal terpenting. Sekutu haruslah bisa diandalkan," kata Macron dilansir Reuters via Newsweek.

Baca juga: Pertanyaan Erdogan Ini Buat Trump Tarik Pasukan dari Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com