Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Pesan ke Rusia, Inggris Kirim Kapal Perang ke Ukraina

Kompas.com - 22/12/2018, 19:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

KIEV, KOMPAS.com - Inggris menyatakan telah mengirim kapal perang ke Ukraina sebagai pesan kepada Rusia pasca-insiden di Selat Kerch November lalu.

Kapal HMS Echo telah bersandar di Pelabuhan Odessa sejak diberangkatkan pada awal Desember ini, demikian laporan BBC Sabtu (22/12/2018).

Baca juga: Gara-gara Poster Agen Putin, Rapat Parlemen Ukraina Ricuh

Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson yang mengunjungi kapal tersebut berkata keberadaan HMS Echo merupakan bentuk dukungan London kepada Ukraina terhadap agresi Rusia.

"Keberadaan Inggris yang berkesinambungan bakal dilanjutkan dengan pengerahan kapal perang yang lain," tutur Williamson pada Jumat (21/12/2018).

Menhan berusia 42 tahun itu menuturkan keberadaan HMS Echo memberikan pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa solidaritas Inggris terhadap Ukraina tetap terjaga.

"Yang ingin kami sampaikan kepada Presiden Putin adalah dia tak bisa terus melanjutkan bertindak yang melanggar peraturan internasiobal," tegas Williamson.

Moskwa merespon dengan menyebut kapal yang dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang laut itu sebagai kapal pengintai.

Ketegangan antara Ukraina dan Rusia terjadi setelah tiga kapal perang Ukraina diserang dan ditawan di Selat Kerch, dekat Semenanjung Korea, pada 25 November.

Ke-24 pelaut dua kapal artileri ringan dan satu kapal tongkang itu ditangkap dengan tuduhan telah melanggar perairan Rusia.

Crimea sebelumnya merupakan bagian dari Ukraina. Namun pada 2014, wilayah tersebut jatuh ke pangkuan Negeri "Beruang Merah".

Kiev merespon penyanderaan tiga kapal perang itu dengan mendeklarasikan darurat militer selama 30 hari di 10 titik perbatasan dengan Rusia.

Organisasi Traktat Atlantik Utara (NATO) meningkatkan jumlah patroli di sekitar Laut Hitam sejak insiden tersebut mencuat.

Baca juga: Bantu Ukraina Hadapi Rusia, NATO Siap Pasok Perangkat Komunikasi Canggih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com