Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal Anak Buahnya, Komandan ISIS Tewas Bertempur Sendirian

Kompas.com - 21/12/2018, 13:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

HAJIN, KOMPAS.com - Sebuah rekaman memperlihatkan seorang komandan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas di pertempuran setelah ditinggalkan anak buahnya.

Dilansir Daily Mirror Kamis (20/12/2018), rekaman yang berasal dari GoPro memperlihatkan komandan ISIS itu menyiapkan senapannya.

Baca juga: Pembunuh Dua Perempuan Turis di Maroko Berjanji Setia kepada ISIS

Komandan yang tak disebutkan identitasnya itu menebaki musuh yang berada di depannya. Dia kemudian berteriak setelah melihat kendaraan dan anak buahnya pergi meninggalkannya.

Si komandan ISIS itu masih terus menyerang sebelum dia tertembak dan tewas. Videonya ditemukan oleh Pasukan Pertahanan Suriah (SDF).

Berdasarkan laporan Idlib Post, peristiwa itu terjadi di Deir Ezzor, kota terbesar yang terletak di timur Suriah.

Dalam akun media sosialnya, SDF menjelaskan para anggota ISIS berada dalam kebingungan dan memilih untuk tidak patuh kepada pemimpin mereka dengan meninggalkannya.

Milisi Kurdi itu, diwartakan The Independent, tengah berada dalam operasi untuk membebaskan Hajin yang berada dalam kendali ISIS.

Kota yang berlokasi di tepi sungai Eufrat itu merupakan benteng terakhir ISIS di Suriah. SDF mengumumkan telah menguasai sebagian besar Hajin.

Pembebasan Hajin bakal menjadi batu pijakan penting bagi SDF yang sudah menjadi sekutu negara Barat untuk memerangi ISIS dalam empat tahun terakhir.

Dengan dukungan yang diberikan Inggris serta Amerika Serikat (AS), SDF mampu memukul ISIS hingga terdesak di wilayah Hajin dan Deir Ezzor.

Baca juga: Parlemen Inggris Tolak Klaim Trump soal Kekalahan ISIS di Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com