Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disney Didesak Tak Gunakan Lagi Frasa "Hakuna Matata"

Kompas.com - 19/12/2018, 20:36 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber CNN

HARARE, KOMPAS.com - Sebuah petisi online sedang digalang yang isinya mendesak Disney untuk menghilangkan frasa "hakuna matata" dalam Lion King.

Frasa, yang jika diterjemahkan secara bebas berarti "tidak masalah" atau "jangan khawatir" merupakan sebuah ungkapan khas di wilayah timur dan selatan Afrika.

Frasa ini menjadi terkenal setelah muncul dalam film animasi produksi 1994, The Lion King, yang akan dirilis ulang tahun depan.

Baca juga: Trailer Film Remake The Lion King Ditonton 224 Juta Kali dalam 24 Jam

Pada tahun yang sama Disney kemudian menjadikan frasa "hakuna matata" sebagai merek dagang. Demikian dijelaskan Kantor urusan Paten dan Merek Dagang AS.

Petisi online ini digagas aktivis asal Zimbabwe Shelton Mpala dan sejauh ini sudah mendapatkan 50.000 tanda tangan dukungan.

Kepada CNN, Mpala mengatakan, aksi petisi online ini dilakukan untuk menarik perhatian demi penghargaan terhadap budaya Afrika.

"Selain itu untuk melindungi warisan, identitas, dan budaya kami dari pihak ketiga yang mengeksploitasinya demi keuntungan finansial," ujar Mpala.

"Penjarahan budaya ini hanya memperkaya perusahaan-perusahaan ini dan bukan pencipta atau masyarakat tempat budaya itu berasal," tambah Mpala.

Namun, Liz Lenjo, pakar hak milik intelektual, tidak sepakat dengan petisi yang digalang Mpala.

Lenjo mengatakan, Disney sama sekali tidak mencuri apapun dan kemarahan terkait merek dagang ini tidak pada tempatnya.

Lenjo melanjutkan, yang patut disalahkan adalah media sosial yang membesar-besarkan sebuah masalah melampaui proporsinya.

"Penggunaan 'hakuna matata' oleh Disney tidak menghilangkan nilai bahasa itu. Semua orang Afrika Timur atau siapa saja yang bisa berbahasa Swahili boleh menggunakan frasa itu," ujar Lenjo.

Baca juga: Disney Rilis Teaser Trailer Remake Film The Lion King

Dia menambahkan, masalah ini menjadi besar setelah muncul miskonsepsi dan salah pemahaman dari berbagai percakapan di internet soal hak milik intelektual.

Sejauh ini belum diperoleh tanggapan dari manajemen Disney soal desakan pencabutan frasa hakuna matata ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com